Tips Internet Aman untuk Kamu Pecinta Internet

8683745399_f89017f1c4_h

Internet memang sudah sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari manusia masa kini. Perkembangan teknologi memang membuat ketergantungan kita kepada internet semakin menjadi-jadi. Tidak dapat dipungkiri bahwa kita membutuhkan internet dalam hampir semua kegiatan kita sekarang. Penggunaan internet yang dipakai hampir di setiap lini kehidupan manusia membuat keamanannya pun menjadi kekhawatiran banyak orang. Lalu apa tips internet aman yang bisa kamu dapatkan untuk bisa berselancar dengan aman di dunia maya?

Jika kamu berpikir untuk mengambil cuti dan liburan, situs apa yang akan pertama kali kamu buka?

Ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Satu, kamu segera membuka situs OTA untuk mencari tiket hotel untuk menuju ke suatu destinasi. Dua, kamu akan membuka forum untuk mencari informasi mengenai suatu tempat yang mungkin cocok untuk jadi destinasi liburan kamu.

Opsi manapun yang kamu ambil, semuanya sangat bergantung dengan internet, bukan? Inilah mengapa tips internet aman sebenarnya sangat dibutuhkan agar kegiatanmu di dunia maya tetap aman.

Di awal bulan Februari ini, Caption ingin mengajak kamu sebagai generasi milenial untuk lebih peduli dengan keamanan data & akses internet. Di antara banyak tips internet aman, Caption akan memberitahukan beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar kegiatanmu di dunia internet tetap nyaman. Yuk simak artikel kami tentang Hari Internet Aman yang akan jatuh pada 9 Februari pada tahun ini.

Cyber Crime?

Secara global, tingkat penetrasi internet di dunia sebenarnya sudah sangat tinggi. Pada Januari 2016, tercatat tingkat penetrasi internet secara global sudah mencapai presentase 46% dari total populasi dunia. Berdasarkan data yang dihimpun dari We Are Social, terdapat 3,419 juta populasi global sudah menjadi pengguna aktif internet dari total 7,395 juta populasi dunia. Indonesia sendiri memiliki jumlah pengguna internet aktif sebesar 88.1 juta user dan 79 juta pengguna media sosial aktif.

Jumlah pengguna internet yang sangat besar tentu membuat resikonya semakin besar pula.

Dari jumlah itu sebesar 80% adalah remaja berusia 15-18 tahun yang sangat rentan tehadap tindakan cyber crime. Dari semua pengguna internet yang demikian banyak tentu tidak semuanya memiliki niat yang baik. Dengan semakin tergantungnya kita terhadap internet, maka tentu dibutuhkan kebijakan dari diri sendiri untuk melindungi data dan informasi pribadi.

Tahukah kamu apa itu cyber crime?

cyber security

Foto oleh: Suriaan Soosay via Flickr

Cyber crime adalah tindak kejahatan yang terjadi melalui atau dikarenakan oleh kegiatan di dunia maya. Perkembangan teknologi yang tidak terbendung membuat tindak kejahatan semakin canggih dan bahkan dapat terjadi melalui dunia maya. Hal ini tentu sulit dibayangkan pada beberapa puluh tahun lalu; di mana internet belum menjadi hal yang sepenting sekarang. Lalu apa saja tindak cyber crime yang sering terjadi di dunia maya?

Phising

Phising adalah suatu tindakan untuk mengambil informasi sensitif orang lain dengan cara menyamar menjadi orang atau organisasi tertentu yang terpercaya.

Tindakan ini biasanya dilakukan melalui e-mail ataupun website palsu yang akan membuat orang tertipu dan secara tidak sadar memberikan identitas mereka melalui tindakan log in.

Informasi yang diambil pun beragam, mulai dari alamat e-mail, nomor kartu kredit, nomor KTP, dan sebagainya. Tindak kejahatan ini merupakan salah satu yang paling sering terjadi karena banyak orang tertipu oleh tampilannya yang terlihat cukup meyakinkan dan sangat mirip dengan yang asli.

Cyber-bullying

Cyber-bullying adalah segala tindak kekerasan yang dialami seseorang melalui internet. Kekerasan yang diterima tidak hanya tebatas pada penyebaran ancaman, namun juga beberapa kegiatan yang mungkin dianggap tidak berbahaya seperti mengunggah foto yang dapat mempermalukan korban atau pun mengolok-olok korban melalui sosial media. Motivasi pelakunya juga beragam.Ada yang melakukannya karena marah dan ingin balas dendam, frustrasi, ingin mencari perhatian bahkan ada pula yang menjadikannya sekedar hiburan pengisi waktu luang.

Pencurian identitas

Pencurian identitas sebenarnya merupakan tahap lanjutan dari tindakan phising. Setelah mendapatkan identitas korban melalui tindakan phising, pelaku bisa saja menggunakan identitas tersebut untuk hal-hal tertentu yang melanggar hukum. Tindakan ini bisa berupa transaksi pembelian dengan kartu kredit korban, menguras rekening tabungan korban, atau bahkan menggunakan identitas tersebut untuk menipu korban lainnya.

Internet yang Aman

tips internet aman

Sebagai traveller, berbagai kemudahan yang kita peroleh melalui transaksi online sebaiknya diimbangi dengan kebijaksanaan dalam mengelola data. Kehati-hatian menjadi salah satu faktor yang harus menjadi pertimbanganmu sebelum membeli tiket, booking hotel, atau memberikan detail kartu kreditmu. Selain berhati-hati dalam menjaga informasi pribadimu, berikut beberapa tips internet aman untuk membantumu:

Gunakan WiFi dengan bijak

Salah satu tips internet aman yang paling utama adalah dengan selalu berhati-hati dalam menggunakan WiFi di tempat umum. Walaupun kemungkinannya kecil, tetap ada kemungkinan bahwa jaringan itu dipantau oleh penyedianya. Mereka dapat dengan mudah mengakses data-data pribadimu apabila layanan atau koneksi yang kamu gunakan tidak dienkripsi dengan baik.

Karena itu, jika kamu menggunakan layanan WiFi di tempat umum, berhati-hatilah dalam memasukan password atau informasi sensitif lainnya, terutama saat melakukan transaksi online banking.

Lihat identitas website yang diakses

Cara paling mudah untuk menghindari phising adalah dengan tidak mengakses link-link aneh yang dikirim oleh orang tidak dikenal. Kamu wajib waspada jika ada orang tidak kenal yang tiba-tiba mengirimkan link yang tidak jelas kepadamu. Jangan tergoda untuk membuka link tersebut karena bisa jadi link tersebut mengarah ke website tertentu yang tidak kamu inginkan untuk dibuka.

image

Jika kamu masih belum yakin dengan keaslian situs yang kamu akses, kamu bisa melihat verifikasi identitas dari website tersebut. Caranya adalah dengan melihat di sebelah kiri kolom URL pada browser yang kamu gunakan. Kebanyakan situs perbankan maupun situs yang melayani transaksi online memiliki status ‘https’ yang memberikan verifikasi identitas pada situsnya. Status ‘https’ sendiri bisa menjadi parameter keamanan dari suatu website karena ini berarti mereka memberi jaminan pada keamanan informasi yang kamu masukkan. Jika kamu sedang menggunakan internet untuk transaksi online, hindari untuk memberikan informasi ke situs yang tidak memiliki status ‘https’.

Gunakan halaman incognito

Tips internet aman lainnya yang perlu kamu ketahui adalah penggunaan halaman incognito. Terutama jika kamu menggunakan komputer yang sifatnya publik, selalu gunakan halaman incognito agar apapun yang kamu lakukan tidak tercatat pada history browser tersebut. Fitur ini sebenarnya ada di sebagian besar browser, termasuk Safari dan Google Chrome. Fungsi utama dari incognito sendiri adalah sebagai private browser yang bisa kamu gunakan demi faktor keamanan. Hal ini tentu sangat penting, terutama jika kamu menggunakan device orang lain untuk mengakses internet.

Maraknya penggunaan internet tentu membutuhkan trik tersendiri agar kamu senantiasa aman saat mengakses internet. Jangan sampai kamu menjadi korban cyber crime yang bisa saja terjadi pada siapa saja. Jadi, langkah mana saja yang biasanya kamu gunakan agar akses internetmu aman? Yuk berbagi tips internet aman lainnya di kolom komentar!

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.