6 Tips untuk Backpacker ke Jogja dengan Kereta Api

kereta

Jogja memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata murah. Berbagai destinasi mulai dari batik hingga wisata alam tersedia dengan budget terjangkau. Hal ini terlihat dari banyaknya wisatawan yang melakukan kegiatan backpacker ke Jogja setiap tahunnya. Berkembangnya dunia pariwisata memang membuat berwisata tidak lagi identik dengan hal yang mahal. Salah satu trik yang banyak dilakukan para wisatawan adalah dengan menggunakan moda transportasi murah meriah, kereta api, untuk menekan biaya. 

Jika kamu sedang berencana untuk melakukan backpacker ke Jogja dengan kereta api, coba simak beberapa tips dari Caption di bawah ini:

1.   Rencanakan perjalananmu

shutterstock_401496622 copy

Hal pertama yang pertama harus kamu lakukan jika ingin melakukan liburan adalah merencanakan perjalananmu. Bagi kamu yang ingin backpacker ke Jogja, kamu dapat mulai membuat rencana perjalanan minimal sebulan sebelum hari H. Apapun moda transportasi yang akan kamu pakai pada akhirnya, merencanakan liburanmu sejak jauh hari akan memudahkan kamu untuk mencari penginapan, memesan tiket wisata, juga tentunya membeli tiket transportasi.

Nah, untuk kamu yang kan backpaker ke Jogja dengan kereta api, merencanakan liburanmu sejak jauh hari akan memudahkan kamu mendapatkan tiket kereta api yang murah. Tiket kereta api biasanya akan semakin mahal jika kamu memesannya semakin dekat dengan hari keberangkatan. Jika kamu mendapatkan harga yang murah untuk tiket keretamu, anggaran liburanmu bisa dialokasikan untuk hal lain, kan?

2. Pilih kereta yang akan digunakan

kereta

Memilih kereta yang akan digunakan memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sebaiknya kita mencari informasi tentang jadwal keberangkatan dan ketersediaan tiket kereta api terlebih dahulu.   Berhubung ketersediaan tiket kereta api memang terbatas, memesan sejak jauh hari menjadi pilihan bagi kamu yang ingin berlibur dengan moda transportasi satu ini.

Untuk backpacker ke Jogja, kereta api kelas ekonomi bisa menjadi pilihan utama. Tentu saja hal ini karena harga tiketnya yang relatif murah dibanding kelas bisnis atau eksekutif. Kamu tak perlu takut dengan pengalaman buruk naik kereta api ekonomi pada masa lampau. Saat ini kereta ekonomi sudah lebih nyaman dengan AC dan tiket yang sesuai dengan nomor tempat duduk.

Untuk kamu yang ingin berangkat dari Jakarta di siang hari kamu bisa menggunakan kereta api Bengawan dan Gaya Baru Malam, sedangkan untuk kamu yang ingin berangkat malam hari kamu dapat menggunakan kereta api Progo. Bagi kamu yang akan berangkat dari Bandung kamu dapat menggunakan kereta api Kahuripan. Sementara jika kamu berangkat dari Surabaya kamu dapat naik kereta api Logawa untuk ke Jogja.

3. Pesan tiket kereta sejak jauh hari

shutterstock_376986877 (1) copy

Saat ini tiket kereta api sudah dapat dipesan 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Karena itu kamu harus memesan tiket kereta untuk perjalananmu jauh sebelum kamu berangkat. Apalagi jika kamu akan melakukan perjalanan di peak-season atau long weekend, biasanya tiket kereta api sudah habis sebulan sebelum tanggal keberangkatan.

Terutama tiket kereta kelas ekonomi, biasanya tiket kereta seringkali sudah habis terjual sejak jauh hari. Kamu dapat melakukan pemesanan tiket kereta api di agen resmi tiket kereta api, di loket reservasi stasiun, atau melalui situs resmi and aplikasi resmi pemesanan tiket kereta api.

4.  Usahakan menginap dekat dengan Stasiun

sosrowijayan

Foto oleh: Sergey via https://www.flickr.com/

Menginap di dekat stasiun memberikan keuntungan tersediri. Kamu dapat langsung mencapai tempat kamu menginap dengan cepat dan biaya murah. Selain itu beberapa kereta api memiliki jadwal tiba di Yogyakarta pada dini hari, hal ini tentu menyulitkan kamu untuk mencapai penginapan yang terletak jauh dari stasiun.

Di Yogyakarta, salah satu kawasan yang dapat dituju untuk mencari tempat menginap adalah kawasan Sosrowijayan di dekat Malioboro.  Di kawasan ini kamu bisa menemukan hotel serta penginapan murah. Kamu dapat mencapai kawasan ini dari Stasiun Tugu Yogyakarta dengan berjalan kaki atau naik becak. Jika kamu berangkat dari Stasiun Lempuyangan, kamu bisa naik ojek atau naik taksi bersama-sama ke daerah Sosrowijayan.

5.  Persiapkan barang yang akan dibawa

shutterstock_278645147 copy

Hal lain yang perlu diperhatikan jika kita hendak melakukan perjalanan dengan kereta api adalah barang bawaan kita. Barang bawaan/bagasi yang bisa dibawa setiap penumpang dalam kereta maksimal memiliki berat 20 kilogram. Jika barang bawaan kita melebihi ketentuan tersebut kita akan mendapat denda atas kelebihan bagasi kita. Oleh karena itu ada baiknya kita mempersiapkan dan membawa barang bawaan yang benar-benar kita butuhkan.

Selain barang bawaan, kita juga harus memastikan membawa barang yang penting untuk perjalanan. Salah satunya adalah jaket atau selimut. Hal ini untuk mengantisipasi jika  kita merasa kedinginan dengan suhu di dalam kereta.  Selain itu, jika kita melakukan perjalanan dengan kereta api kita wajib membawa KTP yang digunakan saat memesan tiket kereta api.

6. Datang ke stasiun keberangkatan lebih awal

gubeng

Foto oleh: Kars Alfrink via https://www.flickr.com/

Saat ini sebagian besar stasiun kereta api di Pulau Jawa sudah menggunakan sistem boarding pass. Dengan sistem tersebut kita harus mencetak boarding pass di stasiun keberangkatan lebih awal. Boarding pass dapat dicetak antara 12 jam hingga 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.  Dengan adanya sistem tersebut ada baiknya kamu datang ke stasiun keberangkatan lebih awal supaya tidak kerepotan untuk mencetak boarding jika datang ke stasiun terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan.

Itulah beberapa tips yang Caption berikan untuk kamu yang berencana untuk backpacker ke Jogja dengan kereta api. Persiapan yang matang dari jauh hari akan membuat perjalananmu lebih mudah dan menyenangkan. Dengan persiapan yang baik kamu akan lebih nyaman untuk menimati setiap momen dalam perjalananmu.

3 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.