4 Rekomendasi Event di Jogja yang Asyik di Bulan November

8215928820_1dec8ab99a_o

Memasuki bulan November yang penuh dengan guyuran hujan, ternyata ada banyak event di Jogja yang bisa kamu kunjungi. 

Kota Jogja memang bukan cuma tentang batik dan wisata alam saja. Di awal musim penghujan ini Jogja justru punya banyak acara menarik yang bisa kamu datangi, mulai dari taman hiburan tahunan sampai festival film. Meskipun musim penghujan umumnya membuat kita malas keluar rumah, event-event di bawah ini wajib kamu kunjungi karena kebanyakan hanya diadakan satahun sekali. Jika kamu kebetulan berada di kota ini dan sedang mencari rekomendasi event di Jogja, simak inspirasi dari kami di bawah ini :

Pasar Malam Perayaan Sekaten

event di Jogja Sekaten

(Sumber: Instagram @s_febry

 Jika kamu adalah pecinta pasar malam, Perayaan Sekaten bisa menjadi salah satu rekomendasi event di Jogja yang wajib kamu kunjungi di bulan November ini.

Tradisi sekaten dilakukan sejak abad ke-16 di masa pemerintahan Kerajaan Demak. Sekaten sebenarnya merupakan rangkaian perayaan upacara adat Jawa yang dilaksanakan setahun sekali pada Bulan Maulud -bulan ketiga pada tahun Jawa. Tapi saat ini tidak hanya karena upacara adatnya yang menjadi acara puncak dari perayaan, Sekaten juga dikenal dengan pasar malamnya yang diadakan di Alun-Alun Utara mulai dari sore hingga jam 10 malam. 

Tidak hanya menikmati upacara adat yang unik dalam rangkaian perayaan Sekaten, ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di sini. Untuk kamu pecinta adrenalin, di Sekaten terdapat berbagai wahana seperti Kora-Kora, Bianglala dan Ombak Banyu. Tiket masuk ke tiap wahana berkisar antara 5-10 ribu. Selain itu, kamu juga bisa masuk ke rumah hantu dan menonton tong setan yang menegangkan.

Pasar malam pada perayaan Sekaten sendiri cukup unik karena tidak hanya berisi berbagai macam wahana saja, di sana juga terdapat pasar baju bekas layak pakai yang biasa disebut ‘Pasar Awul’.  Sedangkan untuk kamu yang suka berburu fashion item unik, Pasar Awul di Sekaten dibanjiri dengan baju-baju unik dengan harga mulai dari 5000 rupiah. Tahun 2016 ini, Perayaan Sekaten dimulai pada tanggal 18 November dan hanya dilaksanakan setengah bulan saja hingga akhir November. Yuk ke Sekaten!

JAFF 2016

event di Jogja Jogja-NETPAC

Jika kamu adalah pecinta film, ada satu event di Jogja yang cocok untuk kamu. Apalagi kalau bukan Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Tidak hanya soal upacara adat, di Jogja kamu juga bisa menikmati salah satu festival film yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Jika kamu adalah seorang penikmat film, Jogja-NETPAC Asian Film Festival bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati bulan November di kota Jogja. Pertama kali diadakan pada tahun 2006, festival film ini selalu konsisten menyajikan film-film yang menarik dan berkualitas. Sebagai bentuk pengembangan sinema di Asia, film-film Asia yang dilombakan akan diputar dan ditonton oleh penggemar film. Jadi jangan heran bahwa kamu akan pula dapat menikmati film dari negara-negara tetangga dari sekitar Indonesia.

Pelaksanaan pemutaran film biasanya digelar di Taman Budaya Yogyakarta, Empire XXI, Bentara Budaya dan IFI-LIP. Tahun ini, JAFF 2016 digelar pada tanggal 28 November hingga 3 Desember 2016. Harga tiket untuk tiap film biasanya sekitar 15.000-20.000 rupiah. Kamu bisa follow twitter mereka atau baca websitenya untuk melihat informasi sampai jadwal film yang akan diputar di JAFF tahun ini.

Ngayogjazz

event di Jogja Ngayogjazz

Jika upacara adat dan festival film belum juga menarik hatimu untuk berkunjung ke kota Jogja, kamu bisa coba mengunjungi Ngayogjazz, festival musik jazz yang sudah menjadi salah satu ikon dari kota Jogja itu sendiri. Jangan takut untuk berkunjung karena bahkan jika kamu tidak terlalu suka musik jazz, festival ini masih tetap menarik untuk dikunjungi.

Selain pasar malam dan ritual budaya, Ngayogjazz juga bisa menjadi alternatif event di Jogja bagi kamu para pecinta musik jazz.

Pertama kali diadakan pada tahun 2006, Ngayogjazz tidak hanya menjadi festival musik yang ditunggu oleh para penggemar jazz; namun juga sudah menjadi destinasi wisata tersendiri bagi wisatawan domestik bahkan luar negeri. Ide dasar dari event Ngayogjazz adalah musik jazz yang universal: bisa dinikmati siapapun, dimana pun, kapan saja. Event ini dirancang untuk mengenalkan musik jazz bahkan kepada masyarakat awam yang tidak terbiasa dengan genre musik satu ini. Konsep inilah yang kemudian diwujudkan melalui venue acara yang selalu bertempat di desa wisata dan diadakan secara cuma-cuma.

Tidak hanya musisi nasional dan internasional, Ngayogjazz juga memberikan wadah bagi musisi muda dan lokal untuk unjuk gigi di panggung. Tahun ini, Ngayogjazz 2016 digelar di Padukuhan Kwagon, Desa Sidorejo, Godean, Sleman pada tanggal 19 November 2016. Belum ada pengumuman mengenai bintang tamu yang akan tampil tahun ini, tapi kamu bisa follow twitter mereka disini untuk info lebih lanjut.

Pinasthika Creativestival

Event di Jogja Pinasthika Creativestival

Jika kamu tertarik pada industri kreatif dan desain grafis, kamu juga bisa mengunjungi Pinasthika Creativestival yang akan diadakan pada bulan November ini. Dimulai pada tahun 2000, Pinasthika Creativestival adalah festival kreatif anak muda Indonesia yang menjadi parameter industri kreatif lokal Indonesia. Festival kreatif ini sendiri tidak hanya terpaku pada desain grafis dan advertising, tapi juga ada 15 sub sektor kreatif lainnya seperti film, musik, arsitektur dan kerajinan.

Setiap tahunnya, Pinasthika menghadirkan workshops, seminar kreatif, lomba dan pameran kreatif. November tahun ini, Pinasthika Creativestival digelar dari tanggal 3-5 November di Hartono Mall dengan tema #AwakeON. Banyak seminar dan workshop menarik yang berfokus pada fenomena pasar hingga strategi sukses di Indonesia. Tamu yang akan menjadi pembicara juga keren-keren seperti Rio Dewanto sebagai wakil dari Viva Barista, Leonard Theosabrata selaku Founder Brighspot Market dan Dedy Vansophi sebagai Kreator Campaign Bukalapak. Kamu juga bisa membaca info lengkap tentang acara ini di website mereka.

Menarik, bukan? Modal yang harus kamu keluarkan untuk mengunjungi acara-acara di atas pun tidak harus mahal, bahkan ada juga yang cuma-cuma. Apa kamu punya rekomendasi event menarik lain di Jogja di Bulan November?

 

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.