Merayakan Hari Valentine Anti-Mainstream di Jogja

Valentine di Jogja

Merayakan hari Valentine biasanya selalu identik dengan tradisi memberikan bunga mawar atau cokelat kepada orang yang kita sayangi, terutama pacar. Selain itu, hari kasih sayang yang dirayakan oleh berbagai orang di seluruh dunia ini juga identik dengan makan malam romantis di restoran. Makna kasih sayang di hari Valentine tidak harus selalu dengan pacar.

Banyak bentuk apresiasi kasih sayang di hari Valentine pada orang-orang yang kita sayangi. Kamu dapat menghabiskan hari Valentine dengan orang tua, teman lama yang sudah lama tidak bertemu, atau memperbaiki hubungan yang renggang dengan sabahat. Jogja sendiri menyediakan banyak pilihan untuk menghabiskan hari Valentine bersama dengan orang-orang yang kita sayangi, yang tentunya anti-mainstream. Berikut Caption merekomendasikan beberapa kegiatan di Jogja yang akan membuat hari Valentine mu berbeda dan anti-mainstream.

Menjadi Turis di Rumah Sendiri 

Foto kiriman Fajar Kurniawan (@laurensiusfajar) pada

Daerah Istimewa Yogyakarta punya segudang tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyaknya turis lokal dan mancanegara yang memenuhi tempat wisata terkadang membuat orang-orang yang berdomisili di Jogja malas untuk berkunjung. Padahal tak jarang banyak masyarakat Jogja yang terkadang ingin sekadar menikmati tempat-tempat menarik di kota sendiri. Kamu bisa menghabiskan hari Valentine mu dengan melakukan tur Candi di Jogja.

Khususnya di Kabupaten Sleman, kamu bisa mengunjungi banyak situs-situs candi yang bersejarah yang mungkin saja belum pernah kamu kunjungi sebelumnya.

Bukan hanya Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko, namun juga terdapat Candi Kalasan, Candi Palgading, Candi Kedulan, Candi Klodangan. Terdapat pula Candi Kadisoka, Candi Miri, Candi Ijo, Candi Abang, Candisari, Candi Gebang, dan Candi Banyunibo. Dengan mengunjungi candi-candi tersebut, kamu tidak hanya dapat menikmati situs sejarah bersama orang-orang tersayang, namun juga dapat berbagi kasih dalam mendukung kelestarian candi. Dengan membayar retribusi, kamu sudah menyumbang dalam menjaga keasrian dan kelestarian candi-candi tersebut.

Baca juga artikel kami tentang ‘kuliner murah ala mahasiswa di Jogja’ di sini.

Bersepeda Menyusuri Selokan Mataram

Foto kiriman budi wibowo (@buditukangfoto) pada

Bagi kalian yang berdomisili di Jogja, baik warga asli Jogja maupun pendatang, pasti pernah melewati Selokan Mataram. Namun tidak banyak yang mengetahui sejarah Selokan Mataram itu sendiri. Selokan Mataram yang terbentang dari hulu barat hingga ke hilir timur Jogja ini ternyata sarat akan nilai sejarah.

Selokan Mataram pada awalnya didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX untuk menyelamatkan warga Jogja dari Romusha oleh Jepang.

Alih-alih melakukan kerja rodi, masyarakat diminta untuk menyelesaikan pembangunan Selokan Mataram yang pada akhirnya berguna bagi kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Bagi yang terbiasa menggunakan kendaraan pribadi, menggunakan sepeda untuk menyusuri Selokan Mataram dapat menjadi petualangan sendiri pada hari Valentine. Dengan menyusuri Selokan Mataram, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang terbentang dari barat hingga ke timur Jogja. Melewati sawah, pohon kelapa, bendungan, orang-orang yang menggembala bebek dan kerbau, hingga menjumpai orang-orang yang melakukan arung jeram.

Terkadang kita juga dapat menjumpai sekumpulan mahasiswa pecinta alam yang berlatih kano di barat Selokan Mataram.

Bersepeda menyusuri Selokan Mataram dengan bersepeda saat hari Valentine dapat menjadi lebih berkesan dengan orang-orang tersayang. Tidak hanya menikmati keindahan pemandangan di sepanjang perjalanan, kamu juga dapat belajar mengenai sejarah Selokan Mataram. Selain itu kamu juga dapat menjaga lingkungan dengan mengurangi polusi dari menggunakan kendaraan bermotor.

Baca juga artikel kami tentang ‘rekomendasi cake shop di Jogja’ di sini.

Jelajah Jogja dengan Transportasi Umum

Foto kiriman alex satr (@alexsatr) pada


Buang jauh-jauh perayaan hari Valentine yang klise. Menikmati hari Valentine dengan berkeliling kota menggunakan transportasi umum dapat menjadi hal yang seru dan tentunya anti-mainstream! Bagi kalian yang terbiasa menggunakan kendaraan bermotor pribadi, dapat sesekali pergi mengelilingi kota Jogja menggunakan transportasi umum seperti Trans Jogja.

Aktivitas ini dapat menjadi piknik kecil yang menyenangkan bagimu dan orang-orang tersayang. Kamu dapat membawa bekal dari rumah sembari mengelilingi Jogja dengan menggunakan Trans Jogja.

Kamu bisa coba untuk turun di halte yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, dan mengeksplorasi tempat wisata disekitarnya. Di perjalanan kamu dapat melihat sisi lain dari kehidupan masyarakat Jogja yang biasanya tidak kamu jumpai. Terlebih saat ini pemerintah Jogja telah menambahkan sejumlah 25 bus Trans Jogja baru, yang tentunya akan membuat perjalananmu semakin nyaman. Perjalanan mengelilingi Jogja bersama orang-orang tersayang dapat menjadi pengalaman tersendiri yang tak dapat terlupakan. Jangan lupa bawa kamera dan tongsismu ya!

Baca juga artikel kami tentang ‘toko makeup murah di Jogja’ di sini.

Menjadi Volunteer Kegiatan Sosial

volunteer di Yogyakarta

Foto oleh: Apple Jia via Flickr

Hari Valentine merupakan hari kasih sayang, dan saat tepat untuk berbagi kasih dengan orang-orang yang membutuhkan di sekitar kita. Coba cari disekelilingmu panti asuhan, komunitas sosial, yayasan peduli anak dan perempuan, yayasan penderita kanker dan lain-lain. Kamu bisa meluangkan waktu untuk volunteer dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain dengan mengajak keluarga, teman, sahabat atau pacar.

Dengan mengikuti kegiatan volunteer, kamu dapat belajar berbagi tidak hanya dalam hal materiil namun juga dapat berbagi kebahagiaan. Selain itu, kamu dapat belajar banyak mengenai dunia anak-anak, pendidikan, kesehatan dan pengajaran.

Dengan bervolunteer, kamu dapat bertemu orang-orang baru yang menginspirasi. Kegiatan volunteer juga membuka jaringan yang luas, menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman baru, menanamkan dan meningkatkan jiwa sosial. Tidak hanya mengunjungi, kamu dapat mencoba menginisiasi program-program yg bermanfaat pada hari Valentine. Sebenarnya sudah ada jiwa sosial di dalam setiap diri individu, namun tergantung bagaimana kita mengaplikasikannya. Hari Valentine ini merupakan saat yang tepat untuk mu mengeksplorasi jiwa sosialmu dengan terjun menjadi volunteer.

Berikut beberapa organisasi komunitas sosial di Jogja yang dapat kamu kunjungi

  • Project Child Indonesia: Organisasi berbasis volunteer yang peduli akan masalah kemiskinan, dan mendukung perkembangan berkelanjutan melalui edukasi.
  • Jendela Jogja: Komunitas yang peduli terhadap literasi dan budaya membaca anak. Komunitas ini memiliki desa binaan di Turgo, Bantul & Ngemplak serta MobLib (Mobile Library) di Lempuyangan dan perpustakaan di Jalan Monjali.
  • Camp Foundation: Organisasi kemanusiaan yg memberikan dukungan pendidikan bagi generasi muda bangsa kurang mampu
  • Kemangteer Jogja: Organisasi peduli akan ekosistem mangrove dan mengkampanyekan mangrove ke seluruh lapisan masyarakat sebagai sebuah gaya hidup

Baca juga artikel kami tentang ‘oleh-oleh unik di Jogja’ di sini.

Manjakan Dirimu Sendiri

Merayakan Valentine 2017 di Jogja

Foto oleh: Raul Petri via StockSnap

Bagi kamu yang merupakan pendatang dan sedang menempuh pendidikan di Jogja, berada jauh dari orang terdekat terkadang memang menyedihkan. Terlebih jika hari-harimu dipenuhi dengan kesibukan mengerjakan tugas dan organisasi. Di sisi lain, teman-teman terdekat mu juga sedang sama-sama sibuk dengan urusannya masing-masing. Hai Valentine dapat menjadi waktu yang tepat untukmu beristirahat dan memanjakan dirimu. Meskipun belajar dengan keras merupakan hal yang penting, namun ada baiknya jika kamu juga perlu mengimbangi dengan hal-hal yang menyenangkan.

Hari Valentine bisa menjadi hari spesial untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk dirimu sendiri. Ada banyak hal-hal yang dapat kamu lakukan sendirian. Untuk kamu yang terbiasa pergi bersama dengan teman atau pacar, pengalaman pertama pergi sendiri dapat menjadi pengalaman baru yang menantang.

Kamu bisa memulai harimu dengan berolahraga. Jangan lupa untuk meminum jus buah yang baik dikonsumsi setelah berolahraga seperti jus pisang, jus semangka dan jus tomat. Setelah itu kamu bisa pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan terbaik. Di Jogja terdapat beberapa salon yang bisa menjadi rekomendasi seperti Remen, Bowie, Alexa dan Laseca.

Bagi kamu pecinta makanan manis atau sweet tooth, kamu dapat mengunjungi kedai gelato di Jogja, antara lain. Beberapa diantaranya adalah Ciao Gelato, Artemy, Il Tempo Del Gelato, Pistachio dan Oh My Gelato. Untuk menambah asupan yang baik untuk tubuhmu, kamu dapat mengunjungi restoran dan kedai yang menyediakan santapan vegetarian terbaik di Jogja seperti Milas Resto, Loving Hut, Kedai Organik Kolondjono, dan Suket Resto. What a lovely day to pamper yourself!

Baca juga artikel kami tentang ‘kuliner ekstrem di Jogja’ di sini.

Mengadopsi Hewan Peliharaan

Setiap harinya, ribuan anak kucing dan anjing lahir di Indonesia.Namun banyak dari mereka yang pada akhirnya tidak mendapatkan rumah. Hal ini disebabkan oleh keinginan memelihara binatang oleh masyarakat tidak sebanding dengan tingginya kelahiran kucing dan anjing. Ini menyebabkan banyak hewan yang terlantar, kelaparan, terluka, bahkan hewan-hewan ini disuntik mati karena banyak yang tidak menginginkan mereka.

Hari Valentine ini dapat kamu manfaatkan untuk memberikan rumah pada hewan-hewan yang selama ini menunggu untuk diadopsi. Kamu dapat mengadopsi anjing atau kucing yang terdapat pada rumah hewan sementara. Dengan begitu, mereka dapat mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan bahagia. Kamu dapat menjadi penyelamat bagi hewan-hewan ini dengan memberikan kesempatan kedua, untuk hidup yang lebih layak. Selain itu, kamu juga dapat mengurangi jumlah hewan yang setiap tahunnya berujung pada euthanasia oleh tempat penampungan hewan dan pemerintah. Di Jogja sendiri, kamu dapat mengadopsi hewan peliharaan di Animal Friends Jogja.

Merayakan hari Valentine tidak harus melulu dengan acara yang serba mahal dan romantis. Pada intinya, berbagi kasih sayang tidak harus dengan pacar dan pasangan, bukan? Kamu bisa juga melakukan kegiatan-kegiatan di atas bersama dengan saudara, teman atau bahkan orang tua. Pasti seru! Tunggu apa lagi, get yourself a puppy and kitten on Valentine’s Day!

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.