Mengatasi Post Holiday Blues Setelah Libur Panjang

1k9t5yiz2wu-tim-gouw

Setelah bertemu dengan masa libur panjang di bulan Desember, kini saatnya kamu kembali ke kantor. Kembali ke rutinitas harian tentunya akan menimbulkan rasa malas, tidak termotivasi, atau bahkan menghilangkan produktifitas sama sekali. Gejala seperti ini sering disebut dengan post holiday blues (PHB) atau sindrom setelah liburan dalam bahasa Indonesia. Keadaan ini sebenarnya tidak termasuk dalam salah satu gangguan kesehatan psikologi, dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun bagi sebagian besar orang (terutama yang bekerja di lingkungan dengan tekanan cukup tinggi) keadaan seperti ini dapat cukup mengganggu kinerja.

Kalau sindrom malas kerja ini menyerang kamu dan cukup mengganggu, berikut beberapa tips sederhana dari Caption agar kamu bisa kembali fokus:

Jangan memaksakan diri

1k9t5yiz2wu-tim-gouw

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan setelah megambil cuti/liburan panjang adalah dengan mencoba untuk menyelesaikan semua pekerjaan saat itu juga. kamu butuh waktu untuk beradaptasi ulang dengan lingkunganyang tiba-tiba berubah. Berikan waktu satu atau dua hari untuk beradaptasi lagi. Namun perlu diingat beradaptasi ulang bukan berarti kamu bekerja dengan malas-malasan.

Kerjakanlah beberapa hal ringan yang tidak terlalu menuntut konsentrasi tinggi. Beberapa hal kecil seperti menata ulang urutan file pekerjaan atau membersihkan data-data yang tidak diperlukan akan cukup membantu masa transisimu untuk kembali ke rutinitas harian.

Atur ulang jadwalmu

jadwal kerja

Setelah berhadapan dengan hari bebas tanpa rutinitas, kamu akan merasa sangat tertekan jika harus kembali ke kantor. Cara paling efektif untuk menguranginya adalah dengan mulai mengatur ulang jadwal kegiatan perhari. Aturlah kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan, pekerjaan mana yang akan kamu lakukan terebih dahulu.

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka sangat tergantung dengan struktur-struktur kegiatan semacam ini. Ketika mereka berlibur, jadwal mereka berhenti,dan ketika kembali mereka kehilangan arah untuk melakukan apa. Hal ini menyebabkan kamu merasa kurang produktif, hanya berhasil mengerjakan sedikit kegiatan. Dengan jadwal kegiatan yang baik, kamu akan lebih mudah untuk kembali ke ‘mode’ bekerja. Terapkan jadwal ini untuk satu dua hari samapi denganseminggu pertamamu kembali ke kantor.

Tata ulang ruang kerjamu

ruang kerja

Kembali ke rutinitas berarti kembali berkutat dengan hal-hal yang monoton. Kegiatan yang begitu-begitu saja akan mempercepat datangnya rasa bosan, apalagi setelah kamu mengambil libur yang cukup lama. Agar kamu merasa lebih baik, kamu bisa mencoba untuk menyegarkan ruang kerjamu. Tidak usah melakukan hal-hal ekstrim seperti memindahkan meja atau kursi, cukup ganti wallpaper desktopmu dengan yang baru, atau dengan mengatur ulang benda-benda yang ada di mejamu. Perubahan simple seperti ini akau membantu kamu untuk merasa di tempat yang baru, jadi mengurangi kadar stress dan bosanmu terhadap tempat kerja.

Sarapan tanpa kafein

tanpa kafein

Selama libur panjang pikiran seseorang berada dalam mode off atau bebas dari pikiran-pikiran “berat”. Saat kembali bekerja, tubuh akan dipaksa kembali ke mode on. Rasanya seperti dibangunkan dari tidur panjang. Untuk kembali ke mode aktif, dibutuhkan energi lebih. Karena itulah sarapan sanagat penting untuk tidak di lewatkan. Melewatkan waktu sarapan hanya akan membuatmu lebih cepat merasa lelah di siang hari. Pastikan juga untuk menghindari kafein. Begadang dan mengkonsumsi kopi berlebihan akan membuatmu gampang stress di hari pertama kerja, karena kerja kafein yang memaksa otak untuk selalu siaga.

Kembali ke rutinitas bekerja setelah liburan panjang memang susah-susah gampang. Bayangan masa-masa santai bisa jadi sangat menggoda, tapi kamu tetap harus ingat bahwa menjadi produktif adalah hal yang penting. Dengan trik-trik di atas, mengembalikan semangat bekerja tentu akan lebih mudah.

Kamu punya trik lain untuk mengatasi sindrom setelah liburan? Yuk berbagi di kolom komentar!

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.