Kuliner Murah ala Mahasiswa di Kota Jogja

angkringan

Berkunjung ke Kota Jogja pasti tidak lepas dari kegiatan wisata kuliner. Selain belanja batik dan berwisata ke destinasi wisata alam yang indah, kamu juga bisa berwisata kuliner di kota ini. Kota yang dikenal sebagai salah satu surga kuliner Indonesia ini memiliki banyak pilihan olahan masakan yang tentunya menggugah selera. Baik kuliner ekstrem maupun kuliner yang wajar, Kota Jogja menawarkan banyak alternatif pilihan untuk kamu. Tapi jika kamu adalah traveller on budget atau sedang ingin berhemat, pilihan kuliner murah ala mahasiswa di bawah ini bisa menjadi alternatif pilihan buat kamu.

Berikut tempat makan murah meriah ala mahasiswa Jogja pilihan Caption :

1. Angkringan Gor Klebengan

angkringan

Foto oleh Adhi Anindyajati via http://www.flickr.com/

Kota Jogja memang terkenal salah satunya dengan kuliner angkringannya yang sederhana. Angkringan sendiri sebenarnya merupakan warung sederhana yang menjual bermacam-macam makanan, seperti nasi kucing, gorengan dan berbagai minuman tradisional. Secara tradisional, angkringan biasanya hanya diterangi oleh temaram lampu minyak; membuat kesan sederhananya semakin terlihat. Dan bicara tentang kuliner murah, angkringan memang bisa menjadi salah satu alternatif utama buat kamu.

Terletak di salah satu pusatnya kos-kosan mahasiswa UGM dan UNY, angkringan yang satu ini masih tetap mempertahankan harga ekonomis sebagai standar pelayanannya. Porsi nasi kucingnya bisa dibilang cukup banyak dan hanya dibanderol dengan harga Rp 1.000 perbungkusnya. Selain itu, kalau kamu masih pengen gorengan, satu gorengan disini cuma dihargai Rp 250 lho. Dijamin paling murah se-Jogja. Angkringan ini buka dari maghrib sampai sekitar jam 10 malam dan sangat ramai di jam makan malam. Jadi ada baiknya kamu datang lebih awal.

Lokasi: https://goo.gl/maps/zX9cPtXUhDF2

2. Mas Kobis

 


Untuk kamu yang ingin kuliner murah namun tetap mengenyangkan, warung penyetan tentu menjadi surga. Di Kota Jogja sendiri, warung penyetan sangat mudah dijumpai di setiap sudut kota. Namun untuk kamu yang ingin mencoba penyetan yang paling terkenal di kota ini, kamu bisa sempatkan untuk mampir ke Warung Penyetan Mas Kobis. Warung ini menjadi andalan para mahasiswa pecinta pedas yang ingin menikmati kuliner bercitarasa pedas dengan harga murah.

Kalau kamu adalah pecinta citarasa pedas, warung satu ini pasti cocok dengan lidah kamu. Warung Penyetan Mas Kobis terkenal dengan sambal bawangnya yang pedas dan disajikan dengan aneka lauk. Menu yang paling terkenal adalah ayam geprek, yaitu ayam yang baru digoreng dan segera diulek dengan cabai plus bumbu. Kamu bisa menentukan sendiri, berapa banyak cabai yang ingin kamu pakai. Jangan ragu untuk meminta cabai hingga 20 biji jika kamu memang pecinta citarasa pedas. Untuk seporsi ayam geprek plus minum, kamu hanya perlu membayar Rp 15.000.

Lokasi: https://goo.gl/maps/QjdyXSzXssk

3. Ayam Geprek Bu Rum

 

Masih untuk penggemar rasa pedas, ayam geprek yang satu ini sangat terkenal sebagai pilihan kuliner murah di kalangan mahasiswa Jogja. Selain karena rasanya yang lezat dan harganya yang murah, sistemnya juga prasmanan sehingga kamu bisa bebas mengambil nasi maupun lauk sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu sedang dalam keadaan sangat lapar, jangan ragu untuk menambah porsi nasi karena harga nasi akan dihitung sama; baik banyak ataupun sedikit.

Sesuai nama warungnya, menu ayam geprek merupakan menu utama yang menjadi primadona di sini. Kamu juga bisa request jumlah cabe sesuai dengan level kepedasan yang kamu inginkan. Jika kamu bosan dengan sambal bawang, kamu juga bisa meminta sambal terasi sebagai pelengkap ayam geprekmu. Berbagai macam sayur dan lauk lain seperti tempe dan tahu juga tersedia di sini. Untuk seporsi nasi ayam geprek dengan sayur dan minum, kamu hanya perlu membayar Rp 8.000. Kalau kamu mau mencicipi tempat makan murah ini, sebaiknya datang sebelum jam makan siang atau makan malam. Kalau tidak, siap-siap bertemu dengan antrian cukup panjang.

Lokasi: https://goo.gl/maps/5EyUaWvh9Wx

4. Waroeng SS

Masih tentang penyetan dan makanan pedas, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah Warung Spesial Sambal. Tempat makan yang biasa disebut ‘Warung SS’ ini terdapat di banyak tempat di Jogja dan kamu bisa menemukannya hampir di setiap sekitaran kampus.

Sebagai salah satu pioner dalam dunia penyetan, Warung SS menyediakan lebih dari 20 macam sambal yang bisa kamu coba. Tidak hanya sambal bawang dan sambal terasi, ada berbagai macam sambal unik juga di sini, seperti sambal mangga dan sambal tempe. Pilihan lauknya pun sangat beragam, mulai dari ayam, ikan hingga daging goreng. Untuk masalah harga, jangan khawatir karena harga per menunya mulai dari Rp 3.000. Selain itu, menu nasi putih akan dihitung per kepala sehingga kamu bisa menambah nasi sebanyak apapun untuk harga seporsi.

Lokasi: http://waroengss.com/

Berwisata kuliner memang tidak harus membutuhkan budget yang mahal. Berbagai pilihan kuliner murah ala mahasiswa di atas bisa menjadi rekomendasi pilihan bagi kamu yang akan berkunjung ke kota budaya ini. Berwisata ke Jogja tidak harus melulu makan gudeg, kan?

YOU MIGHT ALSO LIKE

5 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.