Travelling Sendirian Tanpa Rasa Takut

negative thinking

Ada kalanya kamu pengen untuk jalan-jalan ke suatu daerah, tapi teman-temanmu tidak ingin ikut. Akhirnya, dengan semangat pantang menyerah, kamu memutuskan untuk travelling sendirian. Tanpa orang yang dikenal di suatu tempat baru, kamu pasti bakal dapat pengalaman liburan yang unik. Tapi ingat, ada banyak resiko yang mengintai kalau kamu memang memutuskan untuk menjelajah sendirian.

Daripada kamu ragu untuk berangkat liburan, kamu dapat lakukan beberapa travel tips dari Caption berikut. Dijamin kamu ga bakal takut buat menjelajah kemanapun walau sendirian.

Rencanakan dengan matang

perencanaan

Tidak hanya berlaku ketika kamu travelling sendirian, dalam travelling model apapun kamu memang sebaiknya merencanakan segalanya dengan matang.  Dengan persiapan yang matang, kejadian nyasar ataupun salah naik kendaraan tidak akan terjadi. Apalagi ketika travelling sendirian, sangat penting bagi kamu untuk benar-benar merencanakan segalanya dengan baik.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya.

Dengan bekal informasi yang cukup, kamu pasti akan lebih pede untuk menuju ke suatu destinasi. Paling tidak, kamu punya acuan informasi kalau memang terdesak. Salah satu contoh yang mudah, kamu bisa mencari tahu angkot jurusan apa yang menuju tempat wisata yang kamu tuju. Informasi yang cukup dan jelas tentunya akan menghindarkan kamu dari kejadian-kejadian tidak mengenakkan ketika travelling, bukan?

Pede

shutterstock_252785626 copy

Travelling sendirian bukan berarti merasa sendiri. Meskipun kamu bepergian sendirian, pastikan kamu tetap percaya diri. Rasa percaya diri yang besar tentunya juga akan sangat membantu ketika travelling karena kamu tidak akan malu bertanya pada warga sekitar ketika kamu merasa kesulitan.

Ditempat yang tidak dikenal, kamu harus tetap tenang dan pede dengan sikapmu. Jangan tunjukkan kalau kamu merasa bingung karena kamu akan lebih rentan menjadi sasaran. Kalaupun memang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, carilah tempat yang tenang dan tarik nafas yang dalam dan baru pikirkan langkah selanjutnya.

Jadilah orang lokal

lkl-jgj

Foto oleh Lukas Kurniawan via www.flickr.com

Hal yang penting ketika travelling sendirian adalah untuk menyatu dengan masyarakat sekitar. Tidak harus dengan hal-hal yang sulit, kamu bisa mulai dari gaya pakaianmu. Coba ubah tampilanmu dari yang  tipikal eksekutif muda metropolitan menjadi seperti penduduk lokal yang beraktifitas seperti biasa.

Jika kamu menginap di hotel, cobalah untuk meninggalkan carrier dan koper besarmu di kamar hotel. Bawalah tas kecil dan barang seperlunya sehingga kamu tidak terlihat terlalu berbeda dibandingkan dengan warga biasa. Selain lebih nyaman, kamu akan lebih sulit untuk diidentifikasi sebagai turis. Mereka yang bergaya seperti turis sering kali menjadi sasaran tindak kejahatan, atau paling tidak, kamu akan diberi harga khusus turis kalau sedang belanja.

Hilangkan pikiran negatif

travelling sendirian tanpa rasa takut

Satu hal yang seringkali membuat kebanyakan orang enggan untuk travelling sendirian adalah masalah keamanan. Berada di tempat asing sendirian memang bukan hal yang disukai oleh semua orang. Tapi jika kamu berencana untuk travelling sendirian, cobalah untuk berpikir positif terhadap hal-hal di sekitarmu. Ketika kamu bepergian sendirian, tidak ada salahnya untuk berkenalan dengan sesama traveller yang kamu temui di jalan. Selain menambah pertemanan, perjalananmu juga tidak akan terlalu sepi jika ada teman mengobrol, kan? 

Berhati-hati memang penting, tapi kamu juga harus selalu berpikiran positif.

Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana modus para penjahat di tempat wisata, kamu bisa coba tonton reality show Scam City. Mereka sering membahas modus-modus apa saja yang digunakan para scammer spesialis tempat wisata, jadi kamu bisa lebih berhati-hati kalau jalan-jalan.

Jadi, bagaimana menurutmu? Travelling sendirian bukan ide yang terlalu buruk, kan? Apa kamu punya tips lain untuk tetap aman ketika travelling sendirian? Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar, ya!

1 Comment

  • Travel bloggers wanita yang perlu kamu follow | The Caption Blog

    […] Nah buat cewek-cewek, jangan takut traveling sama temen cewek aja atau bahkan sendirian, karena travel bloggers yang Caption tulis di atas sering banget jalan-jalan sendirian. Kamu bisa juga baca tips-tips kalau mau traveling sendirian disini. […]

    October 19, 2016 - 3:02 pm Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published.