Inspirasi Oleh-Oleh Unik Khas Jogja yang Anti-Mainstream

m13v8hgvm-e-kristina-balic-2

Berkunjung ke Kota Jogja memang belum lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh. Kota budaya yang terkenal akan wisata alam dan kuliner murah ini identik dengan bakpia dan yangko sebagai buah tangan khas. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung pasti akan membawakan dua makanan khas tersebut sebagai buah tangan. Namun bukan hanya tentang bakpia dan yangko saja, ternyata ada banyak pilihan oleh-oleh unik khas Jogja yang bisa kamu jadikan alternatif buah tangan ketika berkunjung ke kota cantik satu ini.

Jika kamu akan berkunjung ke Jogja dan bingung memilih rekomendasi buah tangandari kota ini, coba
simak inspirasi dari kami tentang oleh-oleh unik khas Jogja di bawah ini.

Cokelat Monggo

 

A photo posted by Vanni Samosir (@vannisamosir) on

 Jika kamu penggemar cokelat, oleh-oleh unik khas Jogja yang satu ini bisa jadi alternatif selain bakpia. Meskipun terdengar biasa saja, namun Cokelat Monggo mempunyai ciri khas yang tidak dimiliki oleh cokelat lainnya. Diproduksi langsung di Jogja, cokelat ini menawarkan citarasa yang unik karena dipadukan dengan berbagai rempah dan pilihan rasa yang unik.

Salah satu hal yang menjadikan Cokelat Monggo unik adalah pilihan rasanya yang beragam. Tidak hanya dark chocolate dan milk chocolate, Cokelat Monggo juga menyediakan pilihan berbagai rasa buah-buahan, seperti durian, mangga dan strawberry. Pertama kali diinisiasi oleh seorang chocolatier dari Belgia, Cokelat Monggo dijamin memiliki citarasa cokelat asli yang cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh dari Jogja. Kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan cokelat di pabrik Cokelat Monggo yang terletak di Kotagede.

Selain produk-produk di atas, Cokelat Monggo juga menerima pesanan custom, lho. Kamu bisa memesan produk khusus dengan gambar maupun tulisan unik sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bahkan bisa memesan berbagai pilihan produk Cokelat Monggo sebagai seserahan dalam pernikahan, lengkap dengan dekorasi dan desain yang unik. Ide yang bagus sebagai oleh-oleh, kan?

Jogja Scrummy

 

Masih berkisar di kuliner, ada alternatif lain jika kamu bosan dengan oleh-oleh bakpia atau gudeg. Jogja Scrummy bisa jadi pilihan jika kamu ingin mencari oleh-oleh unik khas Jogja. Meskipun namanya masih asing dan bisa dibilang masih merupakan sesuatu yang baru di kancah oleh-oleh khas Jogja, Jogja Scrummy ini sudah mulai menjadi primadona baru, lho.

Jogja Scrummy sendiri adalah brand oleh-oleh yang dibuat oleh Dude Herlino. Produk yang ditawarkan adalah scrummy, yaitu kue unik perpaduan antara brownies dan puff pastry. Jika kamu penggemar kue dan cake, scrummy bisa jadi pilihan untuk kamu nikmati di Jogja maupun dibawa sebagai oleh-oleh. Rasa yang ditawarkan pun beragam, mulai dari cokelat klasik, taro, keju, hingga karamel. Namun karena produk ini adalah cake dan tidak punya daya tahan yang lama, pastikan kamu segera mengkonsumsinya ya. Di Jogja sendiri outlet Jogja Scrummy berada di Jalan Kaliurang, Malioboro dan Jalan Bridgen Katamso.

Bakpiapia

 

Meskipun bakpia sudah menjadi oleh-oleh yang mainstream dari Jogja, namun bakpia satu ini bisa dibilang unik. Jika biasanya bakpia berisi kumbu ataupun kacang hijau, Bakpiapia menawarkan variasi rasa yang lebih beragam. Varian bakpia yang disebut sebagai Bakpia Blasteran memiliki isian unik, seperti nanas, keju, blueberry cheese dan bahkan tuna pedas. Sudah termasuk anti-mainstream, kan?

Jika kamu kurang suka dengan bakpia, Bakpiapia juga memiliki alternatif oleh-oleh unik khas Jogja yang bisa jadi pilihan. Bakpiapia punya produk lain berupa ampyang, yaitu snek yang terbuat dari kacang dan gula merah. Snek khas Jogja ini pun dikemas dengan rasa yang beragam, antara lain adalah kacang mete manis dan kacang mete pedas manis.

Selain rasanya yang unik, Bakpiapia juga memiliki banyak outlet yang tersebar di penjuru Jogja. Hal ini tentu memudahkan kamu untuk membeli Bakpiapia sebagai buah tangan tanpa harus jauh-jauh datang langsung ke pabriknya. Outlet Bakpiapia bahkan juga ada di Mal Malioboro, lho.

Gudeg Kaleng Bu Tjitro

Jika ditanya apa makanan khas dari Jogja, kebanyakan orang pasti akan menjawab gudeg. Gudeg memang sudah lekat sebagai salah satu idenditas kota budaya ini. Tidak heran, oleh-oleh gudeg pun juga menjadi pilihan bagi sebagian wisatawan yang berkunjung. Namun demikian, karena bahan yang dipergunakan tidak begitu tahan lama, oleh-oleh gudeg kurang diminati oleh wisatawan karena mudah basi dan bau.

Jika kamu ingin membeli gudeg sebagai oleh-oleh, kamu bisa coba untuk membeli gudeg kalengan. Karena pengemasannya yang menggunakan teknologi tinggi, gudeg ini jauh lebih tahan lama dibandingkan gudeg pada umumnya. Kamu tidak perlu khawatir gudeg akan basi karena gudeg satu ini tahan hingga satu lahun. Selain kelebihannya yang lebih tahan lama, gudeg kaleng juga lebih praktis karena kemasannya yang lebih mudah dibawa.

Gudeg Bu Tjitro sendiri termasuk salah satu pioneer yang menciptakan tren gudeg kaleng. Selain kepraktisannya yang dikemas dalam bentuk kaleng, gudeg Bu Tjitro juga memiliki beberapa pilihan varian rasa yang beragam, seperti gudeg pedas dan gudeg rendang. Harganya yang berkisar antara 25-30 ribu pun tentu sangat terjangkau bagi kamu yang sedang mencari alternatif oleh-oleh unik khas Jogja.

Belalang Goreng Pak Gareng

Meskipun kedengarannya mengerikan, belalang memang merupakan salah satu menu cemilan tradisional di daerah Gunung Kidul. Siapa yang menyangka bahwa serangga hijau ini kaya akan protein, sehingga mengkonsumsi belalang goreng bisa dibilang baik untuk kesehatan kita. Jika kamu sedang mencari oleh-oleh unik khas Jogja yang benar-benar berbeda, belalang goreng bisa jadi pilihan.

Salah satu produk belalang goreng adalah Belalang Goreng Pak Gareng yang diproduksi di Gunung Kidul. Tidak perlu khawatir akan rasa dari belalang goreng ini karena olahan belalang dari Pak Gareng dibumbui dengan berbagai rempah yang kaya akan citarasa. Rasanya yang gurih dan renyah kurang lebih mirip dengan keripik kentang. Jika kamu berencana untuk membawa belalang goreng sebagai oleh-oleh dari Jogja, tidak perlu khawatir akan kerepotan karena Belalang Goreng Pak Gareng dikemas dalam kemasan toples plastik yang mudah dibawa.

Tiwul Instan

Selain pilihan oleh-oleh unik khas Jogja di atas, tiwul juga bisa jadi pilihan alternatif oleh-oleh, lho. Nama tiwul mungkin terdengar kurang familiar di telinga wisatawan, namun olahan ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh unik yang dijamin anti mainstream. Tiwul sendiri adalah olahan yang terbuat dari tepung singkong yang dikukus. Hasil akhir tiwul sendiri akan berbentuk menyerupai nasi namun berwarna kecoklatan dan seringkali dipergunakan sebagai pengganti nasi oleh warga.

Biasanya, tiwul disajikan hangat dengan taburan kelapa parut dan saus gula jawa. Jajanan ini biasanya dijual dan disajikan hangat, sehingga cukup sulit untuk menjadikannya sebagai oleh-oleh karena jika konsumsi dalam keadaan dingin akan kurang nikmat. Hal inilah yang menginspirasi beberapa produsen untuk menciptakan tiwul instan yang dapat disajikan secara instan dan mudah. Butiran tiwul yang telah dikeringkan tinggal kamu rendam dengan air hangat lalu dikukus hingga mengembang.

Sebagai oleh-oleh, tiwul instan memang mudah untuk dibawa karena dikemas dengan plastik yang praktis. Ada banyak pilihan rasa tiwul instan yang bisa kamu coba, mulai dari rasa original, tawar, manis, pandan, dan gula merah.

Bagaimana menurutmu? Apakah pilihan oleh-oleh unik khas Jogja di atas sudah cukup unik? Jika mengunjungi Kota Jogja, pilihan oleh-oleh unik di atas bisa jadi alternatif bagi kamu yang bosan dengan bakpia dan yangko. Apa kamu punya rekomendasi oleh-oleh unik lainnya? Yuk berbagi di kolom komentar.

 

5 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.