Hotel dan Hostel: Mana yang Lebih Cocok sebagai Penginapan untuk Liburan Kamu?

Pergi berlibur memang menyenangkan. Berada jauh dari rutinitas sehari-hari tentu akan menyegarkan jiwa dan mental kamu. Namun seringkali masalah akomodasi menjadi faktor utama yang membuat liburanmu kurang nyaman. Hal ini masuk akal karena memilih penginapan untuk liburan memang susah-susah gampang.

Ketika berlibur, kebanyakan orang akan fokus pada destinasi wisata itu sendiri. Meskipun destinasi memang penting, tidak ada salahnya bagi kamu untuk meluangkan waktu pada proses pemilihan akomodasi. Faktor akomodasi menjadi elemen penting dalam perencanaan liburan kamu karena akomodasi yang nyaman tentu akan membuat liburanmu nyaman pula.

Antara hotel, hostel, guesthouse dan sebagainya; tentu kadang cukup membingungkan untuk memilih salah satu. Nah, jika kamu masih bingung untuk menentukan penginapan untuk liburan kamu, coba simak penjelasan dari  Caption di bawah ini tentang perbedaan hotel dan hostel.

Perbedaan Harga

cost-cutting

Perbedaan tersbesar antara hotel dan hostel tentu adalah masalah harga. Hotel memiliki harga yang sangat bervariasi dan tergantung dari beberapa aspek, seperti kelas hotel,  tingkat pelayanan serta fasilitas. Sementara hostel mungkin hanya memiliki fasilitas dan tingkat pelayanan yang di bawah standar hotel. Hal ini membuat terkadang hostel memiliki harga yang lebih murah dibandingkan hotel.

Namun demikian, hanya karena harganya murah bukan berarti hostel bukan pilihan tepat bagi kamu yang sedang mencari penginapan untuk liburan. Bagi kamu yang berlibur dengan budget terbatas, hostel bisa menjadi pilihan karena harganya yang lebih murah. Meskipun pelayanannya tentu cukup jauh di bawah standar pelayanan hotel, namun kamu hanya memerlukannya untuk istirahat saja, kan?

Kenyamanan

shutterstock_100501213 copy

Dari segi kenyamanan, hotel dan hostel menawarkan standar kenyamanan yang berbeda. Hotel menawarkan kenyamanan dengan fasilitas mulai dari air panas, AC, TV, Internet, kolam renang atau bahkan hingga kasur yang super nyaman. Selain itu, hotel menawarkan privasi yang lebih kepada tamu. Sementara itu walau tidak menawarkan fasilitas dan privasi seperti hotel , hostel menawarkan suasana yang berbeda. Hostel menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dengan interaksi antar tamu di dalam hostel, yang mungkin sulit untuk ditemukan di dalam hotel. 

Kamu bisa menyesuaikan pilihan penginapan untuk liburan kamu sesuai dengan tipe liburan yang kamu lakukan. Jika kamu menginginkan sedikit privasi dan tidak keberatan untuk membayar lebih, kamu bisa memilih hotel. Namun jika privasi bukanlah hal penting bagi kamu, menginap di hostel bisa jadi pilihan ekonomis.

Kegunaaan

penginapan untuk liburan hotel

Hal lain yang membedakan antara hotel dan hostel adalah kegunaannya. Sebuah hotel biasanya memiliki berbagai fasilitas pendukung yang bisa kamu nikmati ketika menginap di sana. Fasilitas tersebut ditambahkan untuk memberi opsi kepada tamu untuk melakukan berbagai kegiatan di area hotel ketika mereka menginap. Sedangkan di hostel, ketiadaan fasilitas tambahan membuat fungsi utamanya adalah sebagai tempat istirahat saja.

Untuk kamu yang tidak begitu mementingkan fasilitas  dan hanya membutuhkan akomodasi untuk beristirahat setelah mengunjungi tempat tempat wisata, hostel mungkin lebih cocok untukmu. Hal ini karena kamu mungkin tidak memerlukan berbagai fasilitas yang disediakan di hotel, sementara kamu sudah mendapatkan hal-hal penting yang kamu butuhkan di hostel dengan harga yang lebih murah.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan antara hotel dan hostel, akomodasi manakah yang lebih cocok untuk liburanmu? Hotel dan hostel memang menawarkan pengalaman berlibur yang berbeda, namun yang lebih penting adalah bagaimana kamu dapat menikmati liburanmu dengan maksimal.

 

5 Comments

  • Cara Asyik Menikmati Liburan Dengan Berinteraksi Bersama Warga Lokal - The Caption Blog

    […] Untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman selama liburan, ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk tinggal lebih lama di tempat tujuan. Dengan tinggal lebih lama, kamu akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat baru dan lebih mengenal kebudayaan lokal. Coba lihat artikel kami tentang mana yang lebih baik, hotel atau hostel? […]

    August 4, 2016 - 12:02 pm Reply
  • 3 Tips Jitu dalam Booking Hotel yang Perlu Kamu Tahu - The Caption Blog

    […] budget kamu, maka dari itu penting sekali untuk memilih akomodasi yang sesuai dengan budget kamu. Hostel maupun penginapan murah biasanya menjadi pilihan para traveler in budget. Entah kamu adalah mahasiswa yang sedang ingin […]

    November 11, 2016 - 11:20 am Reply
  • Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga - The Caption Blog

    […] Hal ini juga berlaku ketika kita hendak berlibur bersama keluarga. Kita perlu untuk menentukan jenis akomodasi apa yang dibutuhkan oleh keluarga kita ketika liburan.  Selain itu kita juga perlu untuk mempertimbangkan faktor biaya sebagai salah satu syarat liburan hemat. Sebagai  contoh menginap dengan menyewa satu guest house mungkin akan lebih murah jika dibandingkan menyewa beberapa kamar di hotel (tahukah kamu perbedaan hotel & hostel?). […]

    November 22, 2016 - 10:09 am Reply
  • 8 Tips Traveling Dengan Budget Minim - The Caption Blog

    […] tidak harus menginap di hotel. Banyak penginapan murah seperti penginapan khusus backpacker yang harganya sangat terjangkau. Ketika ingin menekan […]

    March 23, 2017 - 3:21 pm Reply
  • 8 Tips Traveling Dengan Budget Minim – Sindi Faradilla

    […] tidak harus menginap di hotel. Banyak penginapan murah seperti penginapan khusus backpacker yang harganya sangat terjangkau. Ketika ingin menekan […]

    July 9, 2017 - 2:36 pm Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published.