Dua Hari Liburan di Jogja: Spot Mana Saja yang Patut Kamu Kunjungi?

nglanggeran2

Seiring berkembangnya dunia pariwisata, semakin banyak pula pilihan tujuan untuk liburan di Jogja. Bagi kamu yang berencana untuk liburan di Jogja dalam waktu dekat, kamu tak perlu untuk ragu dengan potensi hujan yang akan banyak mengguyur kota ini. Jogja selalu dapat kamu nikmati dalam segala kondisi cuaca. 

Kalau kamu masih bingung atau ragu untuk memilih destinasi wisata di Jogja yang bisa tetap kamu nikmati  di musim penghujan, Caption akan mencoba memberi gambaran rencana perjalanan untukmu.  Ini adalah itinerary yang mungkin bisa jadi inspirasi untuk liburan di Jogja selama 2 hari :

Transportasi menuju Jogja

kereta api

Hal pertama yang harus kamu tentukan jika kamu merencanakan untuk liburan di Jogja adalah transportasi. Jika harga promo tiket pesawat masih terlalu mahal buatmu, kamu bisa memilih menggunakan transportasi darat seperti kereta api atau bus. Selain pesawat, kamu juga bisa menggunakan kereta api untuk menuju ke Jogja. Kamu bisa menyiapkan dana antara Rp 100.000 – Rp 200.000 untuk kereta kelas ekonomi. Jika kamu menggunakan bus, tarifnya juga hampir sama, antara Rp 100.000 – Rp 250.000, tergantung jarak dan kelas bus yang dinaiki.

Menyewa kendaraaan

liburan di Jogja dengan menyewa mobil

Kondisi cuaca yang sulit ditebak membuat berkeliling Jogja dengan transportasi umum menjadi sedikit kurang nyaman. Selain itu, kamu juga akan sedikit kesulitan untuk mencapai destinasi wisata yang belum terjangkau transportasi umum. Pilihan terbaik bagi kamu yang liburan bersama lebih dari 2 orang adalah dengan menyewa mobil untuk liburan di Jogja. Dengan biaya mulai dari Rp 350.000 kamu sudah dapat menyewa mobil selama 12 jam.  Beberapa rental mobil di Jogja juga menawarkan paket sewa selama 4 jam atau 8 jam, sehingga kamu dapat lebih berhemat.

Memilih penginapan

kamar hotel untuk liburan di Jogja

Foto oleh: Franco Dal Molin via Flickr

Memilih penginapan adalah hal yang sebaiknya sudah kamu tentukan sejak jauh-jauh hari.  Hal ini untuk mengantisipasi sulitnya mendapatkan penginapan murah jika kita memesan dadakan saat baru tiba di Jogja. Kamu dapat memilih beberapa murah yang ada di sekitar Malioboro, seperti di Jalan Sosrowijayan dan Jalan Dagen.  Di sana kamu bisa menemukan akomodasi seharga Rp 250.000 – Rp 300.000 yang dapat kamu gunakan untuk istirahat dengan nyaman.

Hari Pertama Liburan di Jogja

 

– Sarapan

Hari pertama dari liburan di Jogja bisa kamu nikmati dengan sarapan nasi gudeg. Kamu dapat memulai harimu dengan sarapan sederhana dengan makan nasi gudeg yang akan memberimu energi untuk menjelajah Jogja.  Banyak penjual gudeg di pinggir jalan yang bisa menjadi pilihan untuk sarapan murah dan mengenyangkan. Jangan ragu dengan kualitasnya, karena bahkan warung pinggir jalan di Jogja pun pasti menawarkan citarasa gudeg yang nikmat dan unik.

– Museum Ullen Sentalu

Setelah sarapan, kamu bisa langsung mengunjungi Museum Ullen Sentalu yang berada di kawasan Kaliurang. Museum ini terkenal tidak hanya dengan koleksinya yang lengkap, namun juga dengan arsitektur dan pemandangan di sekitarnya yang sangat indah. Di sini kamu akan dapat menikmati suasana alam khas lereng Gunung Merapi sambil melihat koleksi terkait kebudayaan jawa dari masa ke masa.

– Makan Siang

Setelah puas berkeliling di Museum Ullen Sentalu, jangan lupa untuk menikmati kuliner khas Kaliurang yaitu jadah tempe. Kamu dapat menikmati nikmatnya jajanan dari ketan ini bersama dengan tahu atau tempe bacem yang manis. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk menikmati jajanan ini adalah Jadah Tempe Mbah Carik yang terletak di Kaliurang. 

–  Rumah Dome

Masih ingat dengan Teletubbies? Kalau kamu ingin melihat satu desa dengan bentuk rumah seperti rumah Teletubbies, kamu bisa mengunjungi Kompleks Rumah Dome yang ada di daeran Ngepen, Sleman. Kawasan ini terletak sekitar beberapa meter dari Candi Prambanan dan kamu bisa mengaksesnya dengan bantuan Google Maps. Di sini kamu bisa berfoto dengan latar rumah dome yang unik.

–  Tebing Breksi

Masih di sekitar kawasan Prambanan, kamu bisa mampir ke Tebing Breksi. Spot wisata ini termasuk salah tujuan wisata di Jogja yang wajib dikunjungi dan sedang populer di kalangan traveler. Meskipun hanya merupakan kawasan bekas penambangan batu kapur, namun pengelola sudah menata kawasan ini sebagai salah satu kawasan wisata di Jogja yang instagram-able. Di sini kamu bisa mengambil foto buat diupload di instagram, serta menikmati pemandangan yang indah dari atas tebing.

–  Makan Malam

Setelah berkeliling Jogja seharian, kamu bisa mengakhiri hari dengan makan malam di House of Raminten. Kamu bisa menikmati suasana makan yang unik dan asyik untuk berbagi cerita bersama teman-teman. Namun jika kamu ingin mencoba hal lain yang lebih menantang, kamu bisa juga mencoba beberapa pilihan kuliner ekstrem di Jogja yang bisa kamu simak di sini.

Hari Kedua Liburan di Jogja

– Makan Pagi

Semangkok soto dapat menghangatkan dan memberi tenaga untuk tubuhmu. Salah satu soto yang harus kamu coba adalah Soto Bathok Mbah Katro. Di sini kamu dapat menikmati soto yang disajikan dalam mangkok dari tempurung kelapa. Soto ini terletak di kawasan Kalasan, tidak jauh dari Bandara Adi Sucipto.

–  Candi Sambisari

Setelah sarapan, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Candi Sambisari. Lokasinya sendiri terletak cukup dekat dengan lokasi Soto Bathok, sehingga kamu tidak perlu jauh-jauh untuk mencapai lokasi ini. Di sini kamu bisa melihat peninggalan bersejarah yang cukup unik karena kompleks candi ini terletak lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya.

–  Gunung Purba Nglanggeran

Perjalananmu dapat dilanjutkan ke Gunungkidul untuk menuju Gunung Api Purba Nglanggeran yang merupakan salah satu pilihan wisata alam di Jogja. Meskipun lokasinya cukup jauh dari Kota Jogja, namun pemandangan yang indah sepanjang perjalanan akan memanjakan matamu. Kawasan wisata ini terdiri dari sebuah gunung purba dan embung (kolam tadah hujan) yang terletak saling berdekatan. Di sini kamu akan dapat menikmati pemandangan Kota Jogja dari ketinggian puncak gunung api yang pernah aktif jutaan tahun lalu ini.

–  Makan Siang

Selanjutnya, kamu bisa mencoba kuliner khas Gunungkidul, yaitu nasi merah. Nasi hangat yang terbuat dari beras merah biasanya akan disajikan bersama dengan sayur lombok ijo dan lauk khas pedesaan khas Gunung Kidul. Kamu dapat mampir ke Lesehan Pari Gogo yang terletak di Jalan Wonosari- Semanu untuk menikmati kelezatan kuliner ini.  

– Pabrik Cokelat Monggo

Menikmati cokelat mungkin sudah biasa, tapi melihat proses pembuatannya tentu menjadi pengalaman yang menarik. Di kawasan Kotagede, kamu bisa mampir ke Pabrik Cokelat Monggo untuk melihat dan  menikmati cokelat secara langsung di pabriknya. Cokelat ini juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang terkenal dengan varian jenis rasanya yang unik.

–  Makan Malam di Angkringan 

Selagi menunggu malam, kamu bisa mencoba untuk berbelanja batik di sekitar Malioboro. Selain wisata belanja, untuk menikmati suasana malam di Jogja kamu juga bisa mencoba untuk makan di angkringan. Angkringan merupakan salah satu pilihan wisata Jogja di malam hari yang menawarkan ciri khas tradisional kota ini.

Angkringan adalah warung tenda tradisional yang biasanya menjual nasi kucing dan berbagai minuman hangat.

Kamu bisa menemukan angkringan di hampir di semua sudut Jogja. Jika kamu ingin menikmati angkringan dengan keramaian khas Malioboro, kamu bisa makan di Angkringan Lik Man yang ada di sebalah utara Stasiun Tugu.

Itulah beberapa tips dan pilihan destinasi yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati Jogja selama 2 hari di musim penghujan. Kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak mungkin membuat persiapaan liburan jadi merepotkan, tetapi hal itu tidak akan mengurangi keseruan liburanmu. Apalagi suasana Jogja yang basah setelah hujan akan memberimu kenangan yang akan selalu kamu ingat. 

 

YOU MIGHT ALSO LIKE

5 Comments

  • M. Moko - garisbatas.com

    Wah…..harusnya cobain lava tour gunung merapi pake mobil jeep mba…..dijamin dapet sensasi yg beda….di sana kita bisa lihat reruntuhan dr bencana merapi

    November 15, 2016 - 6:53 pm Reply
  • Inspirasi Oleh-Oleh Unik Khas Jogja yang Anti-Mainstream - The Caption Blog

    […] ke Kota Jogja memang belum lengkap rasanya tanpa membeli oleh-oleh. Kota budaya yang terkenal akan wisata alam dan kuliner murah ini identik dengan bakpia dan yangko sebagai buah tangan khas. Hampir setiap […]

    December 8, 2016 - 3:03 pm Reply
  • Tips Traveling ke Jogja | MaxiTips | Artikel Tips dan Trik

    […] berkembangnya dunia pariwisata, semakin banyak pula pilihan tujuan untuk liburan di Jogja. Bagi kamu yang berencana untuk liburan di Jogja dalam waktu dekat, kamu tak perlu untuk ragu […]

    December 13, 2016 - 2:00 pm Reply
  • 4 Tips agar Kamu Tidak Terjebak Macet di Jogja - The Caption Blog

    […] Menghabiskan akhir tahun di Jogja bisa menjadi pilihan untuk kamu yang suka dengan wisata belanja batik maupun kuliner murah. Kota budaya yang dikenal dengan berbagai pilihan wisata budaya ini terkenal sebagai one stop destination untuk berlibur. Sebagai salah satu destinasi favorit dan kota besar di Indonesia, Kota Jogja memang akan selalu bertambah ramai. Macet di Jogja adalah pemandangan yang mulai umum, terutama di peak season liburan seperti bulan Desember. Dapat dipastikan akan terjadi peningkatan volume kendaraan akan sangat drastis di kota dan di jalur menuju destinasi populer yang sedang hits seperti tebing breksi atau destinasi wisata populer di Jogja lainnya. […]

    February 24, 2017 - 2:20 pm Reply
  • 7 Perlengkapan Liburan yang Wajib Kamu Bawa - The Caption Blog

    […] yang melelahkan. Masing-masing memiliki cara mereka sendiri dalam berlibur, begitu juga dengan destinasi wisata pilihan mereka yang berbeda-beda. Namun mereka memiliki satu kesamaan yakni sama-sama sering […]

    March 10, 2017 - 2:13 pm Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published.