Alternatif Wisata Murah dan Menyenangkan bagi Mahasiswa

shutterstock_196022336 copy

Status mahasiswa seringkali identik dengan kantong tipis. Meskipun tidak semua mahasiswa berkantong tipis, namun seringkali status mahasiswa dijadikan alasan untuk tidak pergi berlibur karena liburan dianggap sebagai sesuatu yang mahal. Padahal sebenarnya ada banyak alternatif wisata murah yang bisa diakses oleh para mahasiswa ataupun siapapun yang sedang ingin berhemat.

Jika kamu sedang mencari alternatif wisata murah agar kamu tetap bisa liburan meskipun dengan budget mahasiswa, simak rekomendasi dari  Caption di bawah ini:

1.  Datang ke festival atau event yang ada di kotamu

shutterstock_351113882 copy

Kamu dapat mencari hiburan di tengah rutinitas dengan datang ke festival maupun event yang diselenggarakan di kotamu. Setiap tahunnya terdapat puluhan festival yang diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia, mulai yang berlevel nasional hingga yang Internasional. Dan karena kebanyakan dari event tersebut adalah gratis, ini tentu cocok untuk kamu para mahasiswa yang ingin berhemat.

Sebagai contoh di untuk kamu yang ada di Solo, kamu dapat datang ke Solo Batik Carnival. Festival bertema batik ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun dan bisa menjadi alternatif wisata murah bagi kamu yang ingin berhemat.

Jika kamu memiliki budget lebih untuk membeli tiket, event lokal berbayar seperti Java Jazz di Jakarta juga bisa menjadi pilihan. Kapan lagi kan, bisa menonton banyak musisi jazz papan atas dengan harga tiket yang terjangkau dan tidak perlu ke luar kota?

2. Jelajahi tempat menarik di sekitarmu

shutterstock_273033479 copy

Kamu tak perlu memaksa berlibur ke tempat-tempat yang jauh apabila belum memiliki dana yang mencukupi. Selain membutuhkan biaya yang lumayan besar, tentu kamu juga butuh waktu yang lama untuk berlibur ke tempat yang jauh. Jangan sampai rutinitas kuliahmu jadi terganggu hanya karena kamu berlibur. Sebagai alternatif kamu dapat berlibur ke tempat-tempat menarik yang ada di sekitar tempat kamu berkuliah.

Setiap kota sebenarnya pasti memiliki alternatif wisata murah tersendiri. Sebagai contoh jika kamu berada di Yogyakarta, kamu dapat menghabiskan waktu bersenang-senang di Alun-Alun Selatan Yogyakarta. Jika kamu ada di Bandung, kamu dapat pergi bersantai dengan pergi ke Ciater. Tak menjadi masalah kalau kamu sudah beberapa kali ke tempat tersebut, kamu bisa mengajak kelompok teman yang berbeda agar liburanmu terasa berbeda pula.

3. Nikmati wisata kuliner di tempat-tempat yang asyik

shutterstock_348320018 copy

Sudahkah kamu mencoba kuliner-kuliner yang menjadi santapan primadona di daerahmu? Kalau belum, mungkin kamu dapat mencoba untuk menjelajah ke dalam sudut-sudut kota untuk menemukan kuliner yang legendaris.

Setiap daerah pasti punya keragaman kulinernya masing masing. Wisata kuliner bisa menjadi alternatif wisata murah bagi para mahasiswa karena kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota untuk menikmatinya. 

Kamu juga tak perlu melulu mencicipi kuliner tradisional, mencoba kuliner modern di kafe atau restoran mungkin menjadi pilihan lain untuk bersantai dari menambah pengetahuan kuliner kita. Jika kamu berada di Kota Jogja, kamu juga bisa mencoba kuliner ekstrem seperti tongseng kelelawar dan telur kodok goreng. Menarik, kan?

4. Bersantai di taman kota

taman (2)

Photo by: BxHxTxCx via https://www.flickr.com/

Jika kamu ingin bersantai tanpa perlu pergi jauh dan keluar biaya, taman kota mungkin menjadi pilihan yang baik. Seiring dengan pembangunan dan penataan kota di beberapa daerah, saat ini sudah banyak taman kota yang rapi, indah dan bisa digunakan untuk bersantai. Selain sebagai upaya penghijauan dari pemerintah, taman kota juga berfungsi sebagai sarana berkumpul para warga.

Sebagai contoh di Bandung sudah terdapat beberapa taman yang bisa digunakan untuk bersantai maupun untuk berkumpul dengan komunitas, seperti Taman Jomblo, Taman Musik Centrum dan Pet Park. Selain berkumpul dan bersantai, kamu juga dapat mengambil foto di taman kota yang indah untuk menambah koleksi fotomu.

5. Nikmati pemandangan yang tersedia secara cuma-cuma

shutterstock_252785626 copy

Siapa bilang pemandangan yang indah hanya bisa dilihat dari tempat tempat terpencil dan jauh dari keramaian. Kamu yang saat ini belum bisa berlibur karena kesibukan maupun karena belum ada dana, tak perlu untuk bersedih hati. Hal ini karena pemandangan indah bisa kita dapatkan dengan cuma-cuma.

Kita hanya perlu untuk mencoba mendapatkan spot yang tepat untuk menikmati pemandangan yang ada. Contohnya kamu dapat menikmati keindahan matahari terbenam dari lantai atas gedung kuliah. Selain itu kamu dapat mencari momen dan tempat yang cocok lainnya untuk menikmati pemandangan tanpa mengeluarkan biaya.

Itulah beberapa alternatif cara berlibur yang murah tetapi tetap menyenangkan ala mahasiswa. Tempat tujuan berlibur bukanlah suatu hal yang utama dalam berlibur, yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat menikmati liburan kita dan dapat menyegarkan diri untuk menghadapi rutinitas harian kita.  Benar, kan?

2 Comments

  • 3 Tips Jitu dalam Booking Hotel yang Perlu Kamu Tahu - The Caption Blog

    […] Hostel maupun penginapan murah biasanya menjadi pilihan para traveler in budget. Entah kamu adalah mahasiswa yang sedang ingin liburan hemat atau kamu sekedar ingin menekan pengeluaran saat liburanmu, mendapatkan penginapan tentu menjadi […]

    November 11, 2016 - 11:19 am Reply
  • adhit ezy

    santai di taman kota tuh enak loh, bisa liat banyak pemandangan seru hahaha

    May 24, 2017 - 4:25 pm Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published.