8 Tips Traveling Dengan Budget Minim

tips traveling dengan budget minim

Dalam merencanakan liburan, pertimbangan paling penting setelah destinasi wisata adalah budget. Liburan tidak melulu harus mengeluarkan banyak uang. Banyak yang bisa kamu lakukan untuk menyeimbangkan antara memenuhi keinginan dengan tetap menjaga pengeluaran. Jika kamu ingin meminimalisir pengeluaran saat liburan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut Caption memberikan 8 tips traveling dengan budget minim bagi kamu para traveler yang ingin menghemat pengeluran saat liburan.

1. Riset adalah yang utama

tips traveling dengan budget minim

Riset adalah penting bagi siapapun yang ingin pergi berlibur, khususnya bagi yang ingin traveling dengan budget yang minim. Sebelum berlibur, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu agar pengeluaran dapat terukur. Dengan riset, kamu memiliki gambaran akan pengeluaran selama liburan. Cari sebanyak-banyaknya informasi dari mulai alat transportasi yang akan dipakai untuk berangkat dan pulang serta transportasi di kota tujuan, penginapan, biaya makan, ongkos yang tidak terduga, dan juga informasi obyek wisata. Kamu bisa melakukan riset melalui internet, seperti melalui blog, online travel agent, situs review dan lain-lain. Kamu juga dapat bertanya pada orang-orang di sekitarmu yang sebelumnya pernah mengunjungi tempat yang akan kamu kunjungi. Jika memang belum pernah ada yang mengunjungi tempat tersebut, kamu dapat mengandalkan review orang-orang di internet di situs yang terpercaya.

2. Menggunakan transportasi umum

tips traveling dengan budget minim

Tips traveling dengan budget minim selanjutnya adalah menggunakan transportasi umum untuk berlibur. Meskipun tidak senyaman menggunakan transportasi pribadi, menggunakan transportasi umum dapat menekan biaya pengeluaran saat liburan. Beli tiket transportasi seperti bis dan kereta api jauh-jauh hari agar kamu mendapat ketersediaan kursi yang lebih banyak.Jika kamu memang ingin menggunakan transportasi udara, pesan tiket pesawat jauh-jauh hari, sekitar 5 bulan hingga 1 tahun sebelumnya. Jika kamu mendadak memesan tiket pesawat, maka harga akan menjadi sangat mahal. . Kamu harus sering-sering memantau website maskapai penerbangan yang sering mengadakan promo pada saat low season. Ketika di dalam kota, gunakan transportasi umum seperti bis atau MRT. Kamu juga bisa memanfaatkan transportasi dengan aplikasi berbasis online yang memang lebih murah jika dibandingkan mode transportasi umum lainnya. Dengan menggunakan pilihan-pilihan transportasi di atas, maka kamu akan lebih banyak menghemat pengeluaranmu untuk transportasi.

3. Pilih perjalanan malam

tips traveling dengan budget minim

Foto oleh: Jacob Culp via Unsplash

Untuk menghemat pengeluaran, kamu harus lebih cerdas dalam merencanakan perjalananmu. Termasuk dalam memilih waktu untuk bepergian. Sebagian orang melakukan perjalanan pada siang hari. Hal ini berguna karena saat sampai tempat tujuan mereka bisa langsung melakukan check-in di hotel atau penginapan yang telah mereka pesan sebelumnya. Namun, bagi para traveler yang ingin menghemat pengeluaran, tips traveling dengan budget minim selanjutnya adalah menghindari perjalanan pada siang hari. Karena pastinya pengeluaran yang dikeluarkan akan lebih banyak. Kamu dapat mencoba untuk bepergian saat malam hari. Dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginap. Pagi hari pun kamu sudah dapat mulai mengeksplorasi tempat tujuan dengan tubuh yang lebih fresh karena kamu sudah tidur di perjalanan.

4. Penginapan murah yang strategis

tips traveling dengan budget minim

Kamu tidak harus menginap di hotel. Banyak penginapan murah seperti penginapan khusus backpacker yang harganya sangat terjangkau. Ketika ingin menekan biaya menginap saat liburan, yang terpenting adalah tempat untuk beristirahat. Ingatlah bahwa tujuan utamanya adalah untuk beristirahat sehingga kemewahan bukan hal utama. Tidak hanya penginapan untuk backpacker, kamu juga dapat menggunakan website akomodasi murah seperti dari Airbnb dan Couchsurfing. Kamu dapat mendapatkan fasilitas yang banyak dan memadai hanya dengan mengeluarkan biaya yang tidak banyak. Carilah penginapan murah yang strategis dan dapat dijangkau dari berbagai tempat. Dengan menginap di kawasan yang dapat dijangkau dari berbagai tempat, maka kamu akan menghemat lebih banyak biaya untuk transportasi. Kamu dapat berjalan kaki dan tidak harus menggunakan transportasi umum.

5. Bawa makan sebelum memasuki tempat wisata

tips traveling dengan budget minim

Foto oleh: Brian Chan via StockSnap

Terkadang keinginan untuk makan dan membeli jajan memang tidak bisa dibendung. Namun secara tidak langsung, pengeluaran untuk makan adalah pengeluaran yang seringkali dianggap remeh namun justru yang paling besar. Tentu saja bagi para traveler yang ingin traveling dengan budget minim, pengeluaran untuk makan harus diperhatikan. Terutama jika kita berbicara mengenai makanan yang dijual di tempat wisata. Biasanya, harga yang dipatok untuk makanan dan minuman pada tempat wisata jauh lebih mahal daripada biasanya. Untuk itu, penting bagi kamu untuk membawa bekal makanan dan minuman sebelum mengunjungi tempat wisata. Dengan begini, kamu dapat menekan pengeluaran yang tidal terduga saat berkunjung ke tempat wisata. Kamu dapat membeli di pasar tradisional atau di minimarket dekat tempat kamu menginap.

6. Obyek wisata gratis

tips traveling dengan budget minim

Kamu juga harus membuat rincian rencana seperti destinasi liburan dan obyek-obyek wisata sendiri. Hal ini penting karena tentunya akan membuat liburanmu lebih murah karena kamu tidak perlu memilih paket wisata yang mahal. Kemudian rencanakan pula segala macam tempat wisata yang akan dikunjungi dan cari tahu tempat-tempat wisata yang berbayar dan juga gratis. Setelah mempertimbangkan obyek wisata gratis mana yang akan kamu kunjungi, kamu dapat menyesuaikan dengan obyek wisata berbayar lain sehingga pengeluaran dapat terukur. Dengan begini, obyek wisata yang kamu kunjungi pun akan lebih banyak. Semua harus dirinci secara detail. Ini dapat membantumu untuk menyamakan antara budget yang ada, dan juga tempat-tempat yang memungkinkan untuk dikunjungi jika dilihat dari segi jarak dan juga biaya.

7. Makan tidak harus mewah

tips traveling dengan budget minim

Saat kamu pergi berlibur, kamu tidak harus mengkonsumsi makanan yang mahal dan mewah. Terkadang banyak orang yang tidak dapat menahan godaan untuk jajan. Membeli jajan sah-sah saja selagi kita selalu ingat untuk tidak sampai melebihi budget. Dengan jenis makanan yang sama, kamu bisa mendapatkan range harga yang berbeda-beda tergantung dimana kamu membelinya. Makanan unik dan khas tradisional setempat yang kamu beli di restoran atau hotel tentu memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan makanan sama yang kamu beli di pasar tradisional setempat. Tentunya makanan yang kamu beli di pasar tradisional jauh lebih terjangkau.

8. Hindari pergi berlibur saat musim liburan

tips traveling dengan budget minim

Ini adalah tips traveling dengan budget minim terakhir yang penting untuk diperhatikan. Sebisa mungkin hindari pergi berlibur saat musim liburan. Saat musim libur, tentunya banyak orang yang berbondong-bondong untuk mengunjungi tempat wisata yang mereka inginkan. Selain harus berdesak-desakan dengan banyak orang ketika mengunjungi obyek wisata, harga-harga pun melonjak naik. Mulai dari harga transportasi, harga hotel, hingga harga makanan yang dijual di sekitar obyek wisata. Sebisa mungkin hindari untuk pergi berlibur saat musim liburan karena tentunya pengeluaran yang dikeluarkan akan melebihi budget yang sudah dipersiapkan. Kamu dapat melakukan traveling dengan budget minim saat low season, terkadang kamu bahkan bisa menyisakan uang lebih lho!

Nah itu dia 8 tips traveling dengan budget minim. Kamu harus merencanakan liburanmu secara matang, karena jika tidak, maka kamu bisa saja mengeluarkan banyak biaya yang tidak diperlukan di tengah liburan. Tetap bawa uang yang lebih, namun kamu sebaiknya stick to the plan agar budget mu tidak melebihi rencana awal.

  • 9
  • 1330
  • 0

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.