6 Pilihan Kuliner Tengah Malam di Jogja yang Wajib Kamu Coba

kuliner tengah malam

Nongkrong bersama teman hingga larut malam atau hanya sekedar mengerjakan tugas kuliah demi mengejar deadline memang sudah menjadi aktivitas yang lazim bagi mahasiswa. Yogyakarta sebagai salah satu kota pelajar memang sangat cocok untuk ditinggali oleh mahasiswa dan anak muda. Jangan takut jika tiba-tiba kamu kelaparan tengah malam di Jogja karena sebagai kota yang seakan tidak pernah tidur, kota ini masih menyajikan beberapa kuliner yang tidak hanya memuaskan rasa laparmu tetapi juga terbukti enak. Penasaran kan, kuliner tengah malam apa saja yang ada di Kota Pelajar ini?

Di banyak kota besar, kuliner tengah malam sudah menjadi pilihan banyak orang. Gaya hidup yang dinamis seringkali membuat kita harus begadang hingga tengah malam. Dan tentu, begadang tengah malam pasti akan diikuti dengan rasa lapar, bukan? Di sinilah peran kuliner tengah malam seringkali membantu kamu yang sedang begadang agar tetap dapat mengisi perut.

Nah bagi kamu manusia-manusia malam Jogja, ini dia 6 daftar kuliner tengah malam yang wajib kamu coba di kota Jogja pilihan The Caption. Beberapa rekomendasi ini mungkin terdengar familiar di telinga kamu. Beberapa juga dapat dikatakan salah satu kuliner legendaris di Jogja. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

IMG_2204

  • Dimsum Hotel Grand Quality

Seperti namanya, Dimsum ini berlokasi di restoran Grand Quality Hotel, Jalan Laksda Adisucipto. Dengan tempat parkir dan area makan yang luas, restoran ini menjadi pilihan yang cocok untuk makan bersama keluarga. Sebagai salah satu hotel berbintang yang terkenal di Jogja, Grand Quality memang menjadi rujukan banyak orang untuk menikmati berbagai sajian yang ada di restorannya.

Meskipun letaknya ada di hotel berbintang, harga dimsum di sini bisa dibilang cukup bersahabat. Dengan range harga Rp. 15.000-30.000 per porsi dan rasa yang lezat, pasti bikin kamu ketagihan untuk balik lagi. Jika kamu masih pelajar atau mahasiswa, kamu bisa menunjukkan kartu identitas pelajarmu pada saat membayar dan akan mendapatkan diskon 50%. Seru, kan? Restoran ini juga buka 24 jam, jadi bisa menjadi penolong jika kamu lapar saat tengah malam. Kalau kamu mampir ke sini, jangan lupa untuk mencoba bakpao telur asinnya yang terkenal. Dijamin akan membuat ketagihan!

A post shared by Satria Wibawa (@satria888) on

  • Soto Sampah

Sampah memang nama yang sangat tidak lazim untuk dipakai menjual makanan. Mendengar namanya, beberapa dari kalian mungkin jijik dan tidak bergairah untuk makan. Namun ternyata, soto sampah ini merupakan salah satu kuliner tengah malam yang terkenal lho di Kota Jogja. Usut punya usut, soto ini diberi nama sampah karena representasi bentuknya yang acak-acakan. Hal ini membuat penjualnya kemudian menamakan makanan ini sebagai soto sampah. Jadi tenang, tidak ada unsur sampah sama sekali kok dalam makanan ini.

Tidak seperti soto biasa yang menggunakan daging sapi atau ayam di dalam sotonya, soto sampah menggunakan gajih atau lemak daging. Kamu juga akan menemukan salam dan daun jeruk di dalam soto yang disajikan. Selain soto, tempat ini juga menjual nasi rames dengan harga yang sama. Ada beberapa pilihan lauk tambahan juga seperti mendoan, tempe goreng, tahu bacem dan telur. Soto sampah ini terletak di dekat Tugu Jogja, tepatnya di Jalan Kranggan. Soto ini buka dari jam 7 pagi hingga jam 3 pagi dan ramai saat tengah malam. Sangat cocok untuk mengobati rasa lapar di malam hari. Soto disini dibanderol Rp. 8.000-10.000 per porsi. Sangat cocok untuk akhir bulan, bukan?

 

  • Mi Ayam Kamehame

Jika kamu pecinta mi ayam, mi ayam yang satu ini bisa menjadi rekomendasi kuliner tengah malam bagi kamu. Dari namanya saja sudah terdengar unik, ya? Nama ‘kamekameha’ memang identik dengan film kartun Dragon Ball yang populer pada tahun 1990-an. Istilah tersebut menggambarkan dahsyatnya rasa pedas yang ada pada citarasa mi ayam ini yang kurang lebih sama dengan kekuatan jurus ‘kamekameha’ dari Goku. Unik sekali, ya?

Mi ayam ini berlokasi di Jalan Urip Sumiharjo, tepatnya di depan Hotel Grand Aston. Buka dari jam 10 malam sampai jam 2 pagi, mi ayam ini jadi andalan orang-orang yang kelaparan saat tengah malam. Untuk masalah harga, mi ayam ini dibanderol seharga Rp. 10.000-18.000 dengan menu andalannya adalah mie kamehame dengan level kepedasan 0. Level kepedasannya pun bisa kamu sesuaikan dengan selera, sehingga kamu tidak perlu takut akan kehilangan selera karena mi yang kamu nikmati terlalu pedas. Bagaimana, siap menerima tantangan untuk makan di sini?

  • Gudeg Bromo

Bicara tentang Kota Jogja, sulit rasanya untuk meninggalkan gudeg sebagai salah satu ikon kuliner khas kota ini. Citarasa gudeg yang manis seringkali dianggap menggambarkan perilaku orang Jogja yang selalu ramah dan murah senyum. Tidak jarang, para wisatawan yang berkunjung ke Jogja juga membawa gudeg sebagai oleh-oleh. Dan bicara tentang kuliner tengah malam, gudeg ternyata juga bisa menjadi pilihan saat kamu kelaparan tengah malam, lho.

Gudeg yang satu ini memang salah satu kuliner tengah malam yang legendaris di Jogja. Gudeg ini berlokasi di Jalan Gejayan, tepatnya di seberang Ciao Gelato Gejayan. Gudeg Bromo buka dari jam 11 malam sampai 5 pagi, sehingga cocok untuk dijadikan pilihan kuliner tengah malam bagi kamu. Saking legendarisnya, kamu akan menemukan antrian yang sangat panjang untuk bisa merasakan nikmatnya gudeg ini. Untuk dapat merasakan Gudeg Bromo, kamu harus merogoh kocek mulai Rp.15.000 hingga 30.000 per porsi. Mungkin untuk beberapa orang, harga tersebut dengan antrian panjang dianggap terlalu “menyiksa” hanya untuk makan gudeg tengah malam. Namun karena citarasanya yang unik membuatnya memang pantas dihargai dengan harga tersebut. Bagaimana, penasaran untuk menikmati salah satu makanan legendaris Jogja ini?

  • Bubur Hayam Manggo

Untuk pecinta bubur yang sedang ngidam tengah malam, jangan khawatir karena ada satu bubur ayam di Jogja yang buka pada malam hari. Bubur ayam sendiri memang identik sebagai hidangan sarapan. Namun tidak dengan bubur ayam yang satu ini. Hayam sendiri merupakan kata dalam bahasa sunda yang berarti ayam. Bubur ayam ini sama sekali tidak mengandung olahan buah mangga, loh! Manggo sendiri merupakan kependekan dari ‘Mang Gogon’, pemilik dari usaha kuliner ini. Jadi, jangan salah sangka bahwa bubur ayam yang satu ini akan dicampur dengan buah mangga, ya.

Bubur hayam manggo terletak di Jalan Sagan, tepatnya di sebelah timur Mall Galeria. Buka dari jam 5 sore sampai 3 pagi, bubur ayam ini memang cocok untuk dimasukkan dalam daftar kuliner tengah malam yang wajib kamu coba. Harga untuk bubur ayam ini dibanderol sebesar Rp. 10.000 hingga 18.000 saja. Salah satu yang unik dari tempat makan disini adalah sambal yang bisa kamu campurkan dengan bubur sesukamu. Selain itu juga ada menu minuman cincau karamel yang dijual dengan harga Rp. 12.000. Siap mencoba?

A post shared by Onella Mariska (@mariskaonel) on

  • Rempah Asia

Jika inspirasi di atas belum juga menggugah selera kuliner tengah malam yang kamu punya, mungkin kamu bisa mencoba restoran yang satu ini. Rempah Asia merupakan salah satu restoran makanan Malaysia yang berlokasi di Jalan Kaliurang. Sebagai restoran bercitarasa masakan Malaysia, restoran ini menawarkan berbagai menu makanan yang pasti cocok dengan lidah asia. Jika kamu datang bersama dengan teman-temanmu, dijamin akan ada banyak pilihan menu makanan yang bisa dinikmati.

Jika kamu kelaparan saat tengah malam, restoran ini bisa menjadi pilihan. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 1 pagi, restoran yang terletak di pusat area kos mahasiswa UGM ini merupakan salah satu tempat yang sangat cocok untuk mahasiswa-mahasiswa lembur. Harga makanan disini berkisar antara Rp. 20.000 hingga 30.000. Kalau kalian berkesempatan untuk makan disana, menu andalan yang wajib kamu coba adalah laksa dan kwetiauw ayam. Untuk minumannya, kamu bisa pesan teh tarik dengan gelas super jumbo. Menarik, kan?

Nah, itu dia 6 kuliner malam wajib coba di Jogja pilihan Caption. Jika kmu kelaparan saat tengah malam, tidak ada lagi alasan untuk menahan rasa laparmu. Rekomendasi tempat makan di atas bisa menjadi inspirasi saat kamu merasa lapar saat tengah malam. Apa kamu punya rekomendasi lain? Yuk berbagi di kolom komentar!

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.