6 Kebun Binatang Kece di Indonesia yang Harus Kamu Kunjungi

tfrragfywuq-ross-sokolovski-1

Berkunjung ke kebun binatang memang mengasyikkan. Kebun binatang bisa jadi wahana bagi kita untuk mengenal dan mempelajari dunia binatang dengan menyenangkan. Selain memiliki fungsi edukasi, sebuah kebun binatang juga punya fungsi konservasi untuk menjaga kelestarian binatang. Berbeda dengan taman nasional yang mempunyai fungsi konservasi in-situ, kebun binatang memiliki fungsi konservasi ex-situ bagi binatang. Kebun binatang di Indonesia sendiri memang belum sekeren kebun binatang terkenal di dunia, seperti Kebun Binatang San Diego di AS atau Toronto Zoo di Kanada, namun bukan berarti tidak patut kamu kunjungi.

Tidak hanya bagi anak-anak, kebun binatang juga bisa jadi destinasi wisata yang menarik lho bagi orang dewasa. Selain untuk mengenang masa kecil yang bahagia, berkunjung ke kebun binatang juga bisa meningkatkan kesadaran kita untuk menjaga binatang-binatang tersebut dari kepunahan. Nah, jika kamu berencana untuk berkunjung ke kebun binatang, Caption punya rekomendasi 6 kebun binatang di Indonesia yang harus kamu kunjungi. Penasaran, kan?

  • Taman Margasatwa Ragunan

Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, Taman Margasatwa Ragunan memang bukan nama yang asing lagi. Kebun binatang yang terletak di daerah Jakarta Selatan ini memang salah satu kebun binatang paling terkenal di Indonesia. Letaknya yang berada di ibukota menjadikan kebun binatang ini menjadikan Ragunan sebagai salah satu kebun binatang di Indonesia yang memiliki pengunjung paling banyak setiap tahunnya.

Salah satu hal yang unik dari kebun binatang ini adalah adanya hari libur bagi para binatang. Sebagai bentuk penghargaan kepada para binatang yang ada di sini, hari Senin diberikan sebagai hari libur bagi mereka untuk beristirahat. Hal ini tentu penting agar para binatang juga tidak kelelahan dan tetap bisa hidup dengan nyaman di area kebun binatang.

Sebagai salah satu kebun binatang di Indonesia yang memiliki luas area terbesar, Ragunan punya banyak atraksi untuk kamu. Pusat Primata Schmutzer misalnya, merupakan salah satu pusat primata terbesar di Indonesia, lho. Dengan luas area kurang lebih 13 hektar, Pusat Primata Schmutzer merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin belajar lebih tentang saudara jauh manusia ini.

Kalau masalah harga, kamu tidak perlu khawatir karena Taman Margasatwa Ragunan adalah salah satu yang termurah di Indonesia. Untuk pengunjung dewasa, hanya perlu membayar Rp 4.000 sedangkan pengunjung anak-anak diwajibkan untuk membeli tiket seharga Rp 3.000. Tiket masuk wahana yang ada di dalam kebun binatang ini pun sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 2.500 hingga Rp 15.000 saja.

  • Taman Safari Bogor

Masih di area Jakarta dan sekitarnya, Taman Safari bisa jadi alternatif kebun binatang di Indonesia yang layak kamu kunjungi. Terletak di daerah Cisarua, Bogor, kebun binatang ini cukup terjangkau lokasinya jika kamu berdomisili di ibukota dan sekitarnya. Dari Jakarta, kamu bisa menuju ke kebun binatang ini dengan mudah melalui Tol Jagorawi. Perjalanan pun hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam jika jalanan tidak macet.

Hal yang menarik dari kebun binatang ini adalah adanya fasilitas safari. Sesuai dengan namanya, di kebun binatang ini kamu bisa bersafari keliling kebun binatang dengan kendaraan layaknya di Afrika. Hal ini tentu menjadikan kunjunganmu lebih seru karena kamu bisa melihat binatang-binatang yang ada di habitat aslinya. Jika kamu tidak membawa kendaraan roda empat, bus dari pihak pengelola juga disediakan untuk kamu bersafari keliling area kebun binatang.

Jika kamu datang bersama anak-anak, Taman Safari Bogor dijamin tidak akan membuat bosan karena tersedia berbagai wahana menarik untuk mereka. Berbagai permainan seperti mandi bola, kincir raksasa, gajah terbang hingga sepeda layang tersedia untuk anak-anak. Salah satu dari tiga kebun binatang di Indonesia yang memiliki konsep taman safari ini memang lain daripada yang lain.

Untuk masalah tiket, harganya memang bisa dibilang cukup mahal. Di hari Senin hingga Jumat, harga tiket untuk dewasa adalah Rp 130.000 sedangkan untuk anak-anak harganya adalah Rp 125.000. Untuk akhir pekan dan hari libur nasional, harga yang ditawarkan lebih mahal dengan selisih Rp 5.000 untuk masing-masing tiket. Namun jangan khawatir, harga tersebut tentunya sepadan dengan fasilitas safari dan wahana permainan yang juga tersedia di kebun binatang ini.

  • Kebun Binatang Gembira Loka

Berpindah sedikit ke area Yogyakarta, Kebun Binatang Gembira Loka bisa jadi alternatif destinasi liburan bagi kamu yang berdomisili di Yogyakarta dan sekitarnya. Meskipun sempat rusak akibat gempa besar yang melanda Yogyakarta pada tahun 2006, renovasi telah banyak dilakukan untuk membuat kebun binatang ini kembali indah. Perubahan ini bahkan membuat Gembira Loka menjadi salah satu kebun binatang di Indonesia yang pengelolaannya paling baik.

Kebun binatang yang terletak di daerah Jalan Kusumanegara, Yogyakarta ini memang menjadi rumah bagi ratusan satwa yang hidup di dalamnya. Tidak hanya satwa asli Indonesia, satwa dari luar negeri seperti penguin dan unta pun ada di sini. Jika kamu datang bersama anak kecil, siapkan energi lebih karena kebun binatang ini memiliki luas yang tidak main-main, yaitu 20 hektar. Tapi jangan khawatir akan kelelahan karena banyak area istirahat yang disediakan bagi pengunjung.

Untuk kamu penggemar gadget, akses wi-fi tersedia di seluruh area kebun binatang ini. Hal ini tentu membantu untuk kamu yang ingin selalu tampil eksis di social media. Selain itu, tersedia pula fasilitas gelang anak bagi anak-anak usia 3-6 agar petugas menghubungi orangtua jika si anak terpisah dengan orangtuanya. Ada juga fasilitas kolam sentuh dan terapi ikan bagi kamu yang ingin berinteraksi dengan hewan air. Menarik, kan?

Jika kamu berencana mengunjungi kebun binatang ini, kamu hanya perlu menyiapkan dana sebesar Rp 25.000 jika mengunjunginya pada hari Senin hingga Jumat. Untuk kunjungan pada hari selain itu dan hari libur nasional, harga tiket yang dikenakan adalah Rp 30.000. Harga ini berlaku untuk anak-anak maupun dewasa. Namun demikian, anak-anak berumur di bawah tiga tahun tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Jika kamu datang bersama rombongan, harganya pun bisa mendapatkan diskon, lho.

  • Batu Secret Zoo

Geser sedikit ke Kota Batu di Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi Batu Secret Zoo yang merupakan salah satu ikon destinasi wisata kota ini. Menjadi bagian dari Jawa Timur Park 2, Batu Secret Zoo terletak tidak jauh dari Pohon Inn dan Museum Satwa yang terletak dalam satu komplek. Konsepnya yang unik menjadikan Batu Secret Zoo sebagai salah satu kebun binatang di Indonesia yang memiliki konsep paling inovatif.

Diresmikan pada tahun 2010, kebun binatang satu ini dengan cepat menjadi ikon destinasi wisata di Kota Batu yang letaknya berdekatan dengan Malang. Berbagai satwa dikelompokkan berdasarkan habitatnya masing-masing dengan papan informasi yang jelas mengenai nama hewan, habitat asli, serta asalnya. Kebun binatang dengan luas 12 hektar ini pun menyediakan e-bike bagi para pengunjung yang bisa disewa dengan harga Rp 100.000 untuk tiga jam. Tentu akan sangat membantu bagi para pengunjung agar tidak kelelahan menjelajah seluruh area kebun binatang ini, bukan?

Sebagai salah satu destinasi utama wisata di Jawa Timur, salah satu keunggulan utama dari kebun binatang ini adalah integrasinya dengan taman wisata lain yang masih dalam pengelolaan Jawa Timur Park. Jawa Timur Park sendiri memiliki berbagai taman wisata, antara lain Jawa Timur Park 1 & 2, Museum Tubuh, Eco Green Park serta Museum Angkut. Sebagai contoh, kamu bisa membeli tiket terusan untuk masuk ke Batu Secret Zoo sekaligus ke Eco Green Park yang terletak tak jauh. Tersedia pula paket terusan lain dengan berbagai pilihan yang bisa disesuaikan kebutuhan.

Untuk masuk ke kebun binatang ini, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp 120.000 jika kamu berkunjung pada akhir minggu dan hari libur nasional. Namun jika kamu berkunjung pada hari kerja, kamu akan mendapatkan diskon 30% dari harga weekend untuk tiket masuk. Kamu bahkan bisa memesan tiket secara online melalui website Jawa Timur Park 2, lho.

  • Taman Safari Prigen

Masih di sekitar Jawa Timur, kebun binatang di Indonesia lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Taman Safari Prigen yang terletak di lereng Gunung arjuno, tepatnya di kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Kebun binatang ini merupakan satu dari tiga taman safari yang ada di Indonesia. Kebun binatang berkonsep safari park ini merupakan yang terluas di Asia dengan total area 350 hektar. Konsep ini menjadikan Taman Safari Prigen sebagai salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia karena memiliki orientasi habitat satwa yang mendekati habitat aslinya di alam bebas.

Pembangunan Taman Safari Prigen sendiri sebenarnya merupakan tambahan dari Taman Safari Cisarua yang telah lebih dahulu ada. Bertambahnya populasi binatang membuat Taman Safari Cisarua tidak lagi memadai, hingga akhirnya pada 29 Desember 1991 Taman Safari Prigen diresmikan dan dibuka untuk umum. Lokasinya yang cukup luas dan terletak di lereng gunung diharapkan bisa menciptakan habitat yang benar-benar asli bagi binatang-binatang yang berada di sini.

Berbeda dengan kebun binatang lain yang hanya menampilkan binatang di dalam kandang, Taman Safari Prigen memiliki fasilitas safari yang memungkinkan kamu melihat binatang-binatang yang ada layaknya pada habitat aslinya. Semua wisatawan yang berkunjung akan menikmati fasilitas shuttle bus yang akan membawa pengunjung untuk berkeliling area taman safari tanpa harus kelelahan. Lokasinya yang berada di lereng pegunungan juga sangat sejuk dan nyaman meskipun sebenarnya areanya sangat luas.

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke kebun binatang ini, ada beberapa jenis tiket yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Tiket Rusa merupakan jenis tiket reguler yang bisa kamu dapatkan dengan Rp 70.000 pada weekday dan Rp 100.000 pada weekend. Sedangkan untuk Tiket Gajah yang merupakan tiket terusan dengan fasilitas tambahan berupa makan siang dihargai harga Rp 115.000 pada weekday dan Rp 135.000 pada weekend. Tiket lain yang tersedia adalah Tiket Badak yang memiliki tambahan fasilitas akses ke Safari Water World dengan harga Rp 95.000 pada weekday dan Rp 120.000 pada weekend.

  • Bali Safari and Marine Park

Kebun binatang di Indonesia memang banyak jumlahnya. Tidak hanya di pulau Jawa, pulau Bali juga memiliki kebun binatang keren yang wajib kamu kunjungi. Bali Safari and Marine Park yang terletak di kecamatan Gianyar, Bali ini merupakan salah satu dari tiga kebun binatang di Indonesia yang memiliki konsep taman safari. Selain dengan kendaraan pribadi, kamu juga bisa mengunjungi kebun binatang ini dengan shuttle bus yang tersedia di pickup point yang tersebar di banyak lokasi di Bali, lho.

Kebun binatang seluas 40 hektar ini merupakan taman safari ketiga setelah Taman Safari Cisarua dan Taman Safari Prigen. Meskipun tidak sebesar dua taman safari lainnya, Bali Safari and Marine Park ini memiliki banyak koleksi hewan yang beragam. Dengan koleksi lebih dari 60 spesies binatang, kebun binatang ini bisa menjadi alternatif wisata edukasi bagi kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang dunia hewan.

Jika kamu ingin mengunjungi kebun binatang ini, silakan menyiapkan kocek sebesar Rp 135.000 untuk tiket masuk reguler dewasa dan Rp 120.000 untuk tiket masuk anak-anak. Paket-paket lain juga tersedia, salah satunya adalah paket dengan tambahan fasilitas akses ke pertunjukan Bali Agung seharga Rp 250.000. Jangan lupa bahwa kebun binatang ini hanya buka hingga jam 5 sore, kecuali jika kamu terdaftar di program Night Safari.

Bagaimana menurutmu? Berlibur memang tidak harus melulu mahal karena kebun binatang di atas bisa jadi alternatif wisata yang murah sekaligus bermanfaat, lho. Apakah kamu pernah mengunjungi salah satu dari kebun binatang di atas? Yuk berbagi pengalaman di kolom komentar!

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.