Alternatif Tempat Wisata di Jogja untuk Liburan di Waktu Long Weekend

View of menoreh hills from Suroloyo peak

Long weekend memang waktu yang paling tepat untuk berlibur. Selain karena kita tidak perlu repot mengambil cuti, kemungkinan untuk berkumpul dengan semua anggota keluarga juga semakin besar karena sebagian orang pasti libur saat long weekend. Meskipun seringnya banyak yang menghindari untuk berlibur di saat long weekend karena macet, ternyata ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi saat long weekend tanpa takut terkena macet. Tidak hanya tentang wisata batik dan kuliner ekstrem saja, Jogja juga punya banyak destinasi unik yang bisa menjadi inspirasi buat kamu.

Jika kamu sedang berencana untuk berkunjung ke Jogja atau kebetulan sedang mencari rekomendasi tempat wisata di Jogja, simak inspirasi dari kami di bawah ini:

 

Pegunungan Menoreh

View of menoreh hills from Suroloyo peak

Foto Oleh: Hardi Saputra via https://www.flickr.com

Pegunungan Menoreh merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Jogja yang tidak banyak orang tahu. Meskipun secara geografis pegunungan ini membentang dan terlihat jelas dari Kota Jogja, tidak banyak yang tahu bahwa Pegunungan Menoreh adalah destinasi wisata yang indah.

Pegunungan ini membentang dari Purworejo, Magelang, hingga Kulonprogo. Perjalanan menuju wilayah Menoreh sendiri memakan waktu kurang lebih 1,5 jam dari Kota Yogyakarta. Pemandangan utama di Kawasan Menoreh adalah tebing dan bukit dengan semak dan pepohonan besar, serta ladang yang ditanami pohon kopi, singkong, cengkeh dan kacang tanah. Beberapa destinasi wisata menarik di pegunungan ini adalah Gua Kiskendo, Gua Seplawan dan Puncak Suroloyo. Untuk melepas lelah, Kedai Kopi Pak Rahmat bisa menjadi pilihan untuk beristirahat. Di kedai kopi ini, kamu dapat menikmati kopi serta cemilan khas Kulonprogo seperti geblek dan makanan berat lainnya .

Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh nglinggo

Foto oleh: Pasa Agni via https://www.flickr.com/

Kebun Teh Nglinggo merupakan satu-satunya kebun teh di Jogja. Destinasi ini bisa jadi alternatif tempat wisata di Jogja bagi kamu yang menginginkan suasana sejuk perkebunan teh. Kebun ini sendiri dikelola oleh Fakultas Pertanian UGM sebagai kebun percontohan.

Meskipun luas kebun teh ini tidak seluas kebun teh di Subang atau di Karanganyar, tempat wisata ini memiliki keunikan sendiri dengan adanya pegunungan dan perbukitan yang mengelilinginya. Rute yang harus ditempuh menuju kebun teh ini cukup menanjak dan terjal, sehingga kendaraan yang dipakai harus dalam keadaan baik. Apabila kamu ingin melihat sunrise, kamu dapat menginap terlebih dahulu di penginapan milik warga. Kamu tak perlu ragu, warga sekitar sudah terbiasa dengan wisatawan lokal atau mancanegara yang berkunjng ke sini.  Disini, kamu juga bisa menikmati teh serta cemilan dari gula aren di kedai dan warung kecil milik warga.

Lokasinya ada di sini.

Sungai Maron Pacitan

DSC00057 copy

Foto oleh: Instagram @cdiorisa

Jika kamu mencari alternatif yang agak jauh daari kebanyakan tempat wisata di Jogja, Sungai Maron bisa menjadi pilihan. Meskipun Pacitan secara administratif termasuk di dalam Provinsi Jawa Timur, namun waktu yang ditempuh dari Yogyakarta hanya sekitar 2-2.5 jam melalui jalur Wonosari-Semanu.

Sungai Maron sendiri sering disebut sebagai ‘The Amazon of Indonesia’. Hal ini dikarenakan pepohonan hijau yang tumbuh di sepanjang aliran sungai. Disini, kamu bisa menyewa kapal warga seharga 100-150 ribu rupiah yang bisa diisi 4-5 orang. Setelah menyewa kapal kamu dapat menyusuri sungai sepanjang 4.5 kilometer ini bersama juru kapal. Perlu dicatat bahwa kondisi jalan menuju Sungai Maron ini kurang mulus, maka kamu perlu berhati-hati dalam berkendara.

Lokasinya ada di sini.

Pantai Kesirat

26541917571_37dd75eddc_k

Foto oleh: BxHxTxCx via https://www.flickr.com/

Pantai Kesirat adalah salah satu pantai tersembunyi yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Namun berbeda dengan pantai lainnya yang memiliki pasir putih, Pantai Kesirat justru berbentuk tebing-tebing kapur yang berbatasan langsung dengan laut dalam. Di pantai ini, kegiatan yang paling diminati pengunjung adalah melihat matahari terbenam, berkemah dan rock fishing atau memancing dari ketinggian.

Lokasi Pantai Kesirat tidak jauh dari Pantai Gesing, tepatnya di Kecamatan Panggang, Gunung Kidul.  Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 50 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai bibir tebing pantai, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak terlebih dahulu, sebelum menemukan tempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

Lokasinya ada di sini.

Kompleks Ratu Boko

tempat wisata di jogja ratu boko

Foto oleh: Jo Cool via https://www.flickr.com

Candi Istana Ratu Boko merupakan tempat yang indah untuk melihat sunrise. Kompleks yang dulunya merupakan kompleks istana kuno ini memiliki banyak peninggalan bersejarah yang dijamin akan bisa menjadi spot foto yang unik bagi kamu yang suka foto. Selain candi, ada juga peninggalan kuno lain seperti kolam kuno yang unik.

Lokasinya hanya berjarak beberapa menit dari selatan Candi Prambanan melewati Pasar Prambanan. Padang rumput yang luas merupakan daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Di pagi hari kamu bisa melihat surealisme candi yang dikelilingi kabut tebal. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Ratu Boko kamu cukup membeli tiket reguler seharga Rp.25.000.  Sementara itu, jika kamu menginginkan untuk melihat sunset disini, kamu butuh untuk merogoh kocek lebih dalam, yaitu sebesar Rp.100.000  untuk tiket paket sunset.  

Lokasinya ada di sini.

Nah, bagaimana? Long weekend esok tidak bingung dan galau lagi untuk mencari destinasi liburan, kan? Apa kamu memiliki rekomendasi tempat tujuan liburan lain di sekitar Yogyakarta? Kamu bisa menulis di kolom komentar di bawah!

  • 9
  • 1007
  • 8

8 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.