5 Rekomendasi Destinasi Wisata untuk Liburan Natal

Danau Toba

Akhir tahun tentunya merupakan saat yang tepat untuk melepas segala kepenatan dengan berlibur. Salah satu momen yang dapat dijadikan untuk berlibur adalah pada saat liburan natal dan tahun baru di akhir bulan Desember. Meskipun identik dengan peak season yang membuat banyak tempat wisata dipenuhi oleh wisatawan, namun kamu bisa memilih beberapa destinasi alternatif yang cukup nyaman dikunjungi saat puncak musim liburan.

Berikut ini Caption akan memberikan rekomendasi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan natal.

1. Manado

manado

Foto oleh: Chrisinno via Flickr

Manado adalah salah satu destinasi wisata yang cocok dikunjungi pada saat liburan natal. Dengan mengunjungi ibukota Provinsi Sulawesi Utara ini pada saat liburan natal, kamu akan mendapat kesempatan untuk melihat dan terlibat dalam perayaan natal yang dilakukan oleh masyarakat Manado. Suasana natal di Manado sudah mulai dapat dirasakan mulai dari awal Desember hingga puncaknya pada tanggal 24 dan 25 Desember.

Jika kamu berlibur ke Manado, kamu juga dapat menikmati alam di kota yang berada di utara Pulau Sulawesi ini. Salah satu aktivfitas yang tidak boleh terlewatkan adalah menyelam di Bunaken. Di kawasan taman nasional ini, terdapat 20 spot diving yang menawarkan pemandangan bawah laut yang mempesona. Cukup dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Manado dengan speed boat, kamu sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang serta fauna bawah laut Bunaken.

2. Bali

makan malam di Bali

Foto oleh: Jos Dielis via Flickr

Sebagai destinasi wisata paling populer di Indonesia, Bali adalah tempat berlibur yang selalu memanggil untuk dikunjungi. Walau pada saat liburan akhir tahun Bali selalu dipadati oleh wisatawan, tetapi hal ini justru membuat suasana liburan semakin semarak. Bali menawarkan berbagai opsi tujuan wisata mulai dari indahnya pesisir pantai hingga sejuknya alam pegunungan. Selain itu, di Bali kamu akan dengan mudah menemukan berbagai macam hiburan yang bisa kamu nikmati selama liburan akhir tahun.

Salah satu kawasan yang layak untuk kamu kunjungi ketika berlibur ke Bali adalah kawasan Kuta. Di kawasan ini kamu bisa menikmati indahnya pantai pasir putih atau ingin berselancar menghadapi ombak yang lumayan menantang. Di Pantai Kuta, kamu bisa menikmati pantai dengan semarak keramaian wisatawan yang ada di sana. Jika kamu ingin suasana yang sedikit lebih sepi, kamu bisa alihkan tujuanmu ke Legian dan Seminyak. Walau masih cukup ramai, tetapi kamu yang ingin sedikit ketenangan mungkin dapat lebih menikmati suasana di kedua pantai tersebut. Sementara itu, untuk kamu yang suka dengan keramaian, kawasan ini sangat cocok untuk menghabiskkan malam di kafe, klub maupun bar yang tersebar di sini.

3. Danau Toba

Danau Toba

Foto oleh: Johnson Ringgo via Flickr

Beralih ke bagian barat Indonesia, destinasi pilihan untuk liburan natal berikutnya adalah Danau Toba. Danau seluas 1.130 kilometer persegi yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Di sini kamu bisa menikmati indahnya panorama danau yang terbentuk dari letusan vulkanik yang hebat puluhan ribu tahun yang lalu ini. Danau ini juga tempat yang cocok bagi kamu yang ingin mencoba berbagai permainan air seperti jet ski dan banana boat.

Dengan begitu luasnya Danau Toba, kamu dapat menikmati pesona danau ini dari berbagai daerah di sekitarnya. Selain berkunjung ke Pulau Samosir yang menjadi destinasi favorit untuk menikmati keindahan alam Danau Toba serta mengenal dan mempelajari kebudayaan suku Batak, kamu juga masih memiliki alternatif tempat lain untuk menikmati pesona keindahan danau ini. Salah satu alternatif untuk menikmati pesona Danau Toba dari sisi yang berbeda adalah di Tongging, yang terletak di Kabupaten Karo. Di desa yang terletak di sebelah utara Danau Toba ini, kamu dapat menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian, sembari merasakan sejuknya udara pegunungan. Sementara itu bagi kamu yang ingin menikmati suasana tepian Danau Toba, Pantai Lumban Silintong di Balige dapat kamu jadikan tempat yang kamu kunjungi. Di sini kamu dapat menikmati suasana tepian danau sambil menikmati makanan dan minuman di kafe yang terapung di atas danau.

4. Jogja

Malioboro At Night

Foto oleh: Indra Kurniawan via Flickr

Destinasi wisata berikutnya adalah Jogja. Kota yang dikenal sebagai kota gudeg ini tak hanya dikenal dengan suasananya yang nyaman tetapi juga dikenal memiliki ragam tempat liburan yang menarik. Selain tempat wisata yang sudah populer seperti Kraton, Pantai Parangtritis dan Candi Prambanan, Jogja juga meiliki tempat wisata baru yang sedang populer, seperti Hutan Pinus Mangunan dan Tebing Breksi. Selain itu, di Jogja, kamu juga akan menemukan tempat wisata mempesona yang tentunya cocok untuk menambah koleksi fotomu.

Saat liburan natal dan akhir tahun, Jogja biasanya sudah semarak dengan perayaan akhir tahun menyambut natal dan tahun baru. Akhir tahun adalah saat yang cocok bagi kamu yang suka dengan meriah dan ramainya Jogja dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung dan acara-acara menarik di berbagai obyek wisata maupun pusat-pusat keramaian. Namun, kamu juga perlu mengantisipasi kepadatan lalu lintas di Jogja agar liburanmu tetap menyenangkan.

5. Larantuka

Under Mater Dolorosa

Foto oleh: Johanes Randy Prakoso via Flickr

Untuk kamu yang ingin merasakan pengalaman perayaan natal yang berbeda, Larantuka adalah destinasi wisata yang tepat. Kota yang merupakan ibukota Kabupatten Flores Timur ini cocok untuk kamu yang ingin melihat serta terlibat dalam perayaan natal yang dilakukan oleh warga setempat. Sebagai daerah yang mayoritas warganya beragama Katholik, semarak perayaan natal sudah dapat dirasakan beberapa hari sebelum tanggal 25 Desember. Walau tak seramai ketika perayaan Semanta Santa pada perayaan Paskah, tetapi pada saat malam natal kita masih bisa menikmati meriahnya perayaan natal di kota yang sering dijuluki sebagai Vatikan di Asia ini.

Selain khidmatnya perayaan natal, Larantuka juga menawaran pesona alam yang memukau. Terdapat deretan pantai indah yang tersebar di pesisir Flores Timur. Salah satu pantai indah yang terletak dekat dengan Larantuka adalah Pantai Weri. Di pantai ini kamu akan dapat menikmati laut yang tenang di atas pasir pantai yang putih. Selain itu kamu juga dapat berkunjung ke Pantai Mekko di Pulau Adonara yang terletak di sebelah timur Larantuka. Selain dua pantai tersebut, sebenarnya masih banyak tempat tempat dengan pemandangan alam yang mempesona di Flores Timur. Oleh karena itu, Larantuka adalah salah satu destinasi wisata yang tepat bagi kamu yang ingin menjelajahi keindahan alam Flores.

Itulah destinasi wisata di Indonesia yang dapat kamu jadikan tempat tujuan liburan natal dan akhir tahun. Jika kamu berencana untuk berlibur pada akhir tahun, tentunya kamu harus siap berlibur pada masa peak season yang padat. Oleh karena itu ada baiknya kamu mempersiapkan diri sejak lama untuk memesan akomodasi dan transportasi yang biasanya susah didapatkan pada saat puncak masa liburan. Sudah siap untuk liburan natal?

YOU MIGHT ALSO LIKE

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.