5 Inspirasi Kuliner Sehat di Jogja yang Wajib Kamu Cicipi

kuliner sehat dan organik jogja

Gaya hidup sehat memang sedang menjadi tren yang naik daun akhir-akhir ini. Tidak hanya tren berolahraga yang kini sedang menjamur di kalangan anak muda, tren makanan sehat pun juga semakin berkembang. Tidak hanya di kota besar saja, tren makanan sehat juga berkembang pesat di Kota Yogyakarta, lho. Ternyata ada banyak kuliner sehat di Jogja yang harus kamu coba.

Menjalani gaya hidup sehat kini menjadi pilihan banyak orang. Tidak hanya kalangan orang tua saja, para anak muda juga semakin sadar akan pentingnya hidup sehat. Pilihan untuk menjadi vegetarian pun semakin banyak dipilih oleh para anak muda karena dipandang lebih sehat dan aman. Menjamurnya pilihan kuliner sehat juga semakin mendorong banyaknya anak muda yang menjalani gaya hidup sehat. Jika kamu melihat ke sekitar, kini semakin banyak pilihan kuliner sehat yang tersedia, bukan? Ini tidak lepas dari berkembangnya gaya hidup sehat yang kian populer.

Terlebih di Kota Jogja yang terkenal kaya akan rekomendasi kuliner, pilihan makanan sehat juga cukup banyak tersedia lho. Nah, jika kamu sedang mencari rekomendasi kuliner sehat di Jogja, berikut Caption menyajikan beberapa tempat makan yang bisa menjadi pilihan untuk memulai gaya hidup sehat ala kamu.

Warung Vegetarian Soma Yoga

Jika kamu sedang mencari alternatif rumah makan vegetarian di Jogja yang enak namun tetap ramah di kantong, Soma Yoga bisa jadi pilihan. Soma Yoga sendiri awalnya terletak di Jalan Babarsari, namun karena semakin ramai maka akhirnya pindah ke Jalan Kledokan yang sebenarnya tidak jauh dari lokasi sebelumnya. Lokasinya memang agak sedikit ‘tersembunyi’ dan tidak tepat di pinggir jalan raya, namun jika kamu mengikuti rute melalui Google Maps maka tidak terlalu sulit juga untuk menemukan restoran satu ini.

Konsep dari kuliner sehat di Jogja yang satu ini adalah ‘Veggie Jawi’ yang mengadopsi menu makanan khas Jawa yang dipadukan dengan konsep vegetarian yang sehat. Konsep serba Jawa ini juga terlihat jelas dari interior bangunan restoran yang mengadopsi gaya joglo khas Jawa dengan bahan utama kayu; membuat restoran ini terlihat nyaman sekaligus sejuk.

Konsep yang unik ini menjadikan restoran ini menjadi salah satu pilihan bagi kamu para pecinta masakan Jawa yang sedang ingin mencari alternatif pilihan makanan yang lebih sehat.

Berbagai menu masakan Jawa seperti Soto, Rawon, Bakso dan Nasi Campur disajikan dengan konsep vegetarian yang bebas daging serta zat perasa artifisial yang tidak sehat. Menarik, bukan?

Jika kamu menyempatkan diri untuk mampir ke rumah makan vegetarian di Jogja ini, salah satu menu yang wajib kamu coba adalah Soto khas Soma Yoga yang menjadi menu andalan. Dengan harga hanya Rp 12.500, semangkuk soto sudah bisa kamu dapatkan. Kuah soto yang kental berpadu dengan suwiran ‘daging’ dari jamur tiram yang menggantikan suwiran daging ayam yang biasa kamu jumpai pada kuliner soto. Restoran ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 10 malam.

Lokasinya ada di sini.

Baca juga artikel kami tentang ‘kuliner murah ala mahasiswa di Jogja’ di sini.

Milas Vegetarian Resto

A post shared by Pasar Milas (@pasarmilas) on

Geser sedikit ke daerah selatan dari Kota Jogja, pilihan kuliner sehat di Jogja juga bisa kamu jumpai di Milas Vegetaria Resto yang terletak di kampung bule Prawirotaman. Jika kamu mampir ke restoran satu ini, maka salah satu yang akan menarik perhatianmu adalah interior dan eksteriornya yang unik. Dengan konsep taman, Milas menjadi salah satu restoran yang tidak hanya menarik untuk dicicipi menu-menunya, namun juga menarik untuk didatangi karena suasana lokasinya yang nyaman. Konsep taman ini semakin unik karena digabungkan dengan saung bambu yang semakin membuat suasana menjadi syahdu. Pada malam hari, suasana akan semakin romantis karena kamu akan ditemani juga oleh kerlip cahaya dari lilin.

Bicara tentang kuliner sehat, Milas memang tidak diragukan lagi merupakan salah satu tempat makan sehat di Jogja yang menjadi pilihan favorit para vegetarian. Resto ini menjadi andalan kuliner sehat di Jogja sejak sebelum gaya hidup sehat menjamur seperti sekarang.

Selain menu makanannya yang semua diolah dengan bahan organik dan tanpa MSG, setiap hari Rabu dan Sabtu akan ada juga Pasar Organik Milas.

Pasar ini merupakan wadah bagi kamu untuk sekedar jajan makanan dan minuman organik ataupun berbelanja bahan makanan sehat yang disediakan oleh para petani organik dari sekitar Jogja. Pilihan kuliner sehat di Jogja yang lengkap ya; dari bahan mentah hingga makanan siap makan. Hampir semua menu di restoran ini pun diolah menggunakan bahan organik dari para petani lokal, sehingga dijamin juga memberdayakan petani di sekitarnya.

Jika kamu mampir ke rumah makan vegetarian ini, jangan lupa untuk mencicipi steak tempe yang menjadi menu andalan dari resto ini. Meskipun terbuat dari bahan non-daging, bumbu pelengkap yang dicampur ke dalam tempe membuat kamu seakan lupa bahwa sajian ini terbuat dari tempe dan bukan daging. Untuk para pecinta desert, jangan lupa untuk mencoba singkong saus alpukat yang juga menjadi menu favorit dari resto unik ini. Restoran ini buka mulai pukul 3 sore hingga 9 malam untuk hari Selasa hingga Jumat dan pukul 12 siang hingga 9 malam untuk hari Sabtu hingga Minggu.

Lokasinya ada di sini.

Loving Hut

Selain restoran di atas, ada lagi kuliner sehat di Jogja yang wajib kamu coba. Loving Hut sendiri sebenarnya adalah chain resto yang berasal dari luar negeri. Di Jogja sendiri sudah ada tiga cabang, yaitu di daerah Malioboro, Jalan Moses Gatotkaca dan di daerah Demangan. Hal ini membuat loving Hut menjadi salah satu pilihan utama para pecinta makanan sehat di Jogja karena memang mudah didapatkan di berbagai lokasi. Tempatnya pun sangat nyaman dengan konsep sederhana namun tetap modern.

Meskipun konsepnya adalah chain restoran, untuk masalah rasa Loving Hut bisa diadu dengan rumah makan vegetarian di Jogja lainnya. Menu di resto sehat satu ini terdiri dari dua macam, yaitu menu prasmanan yang siap sedia dan menu lain yang harus dibikin terlebih dahulu.

Untuk menu prasmanan, menu makanannya akan berganti setiap harinya sehingga kamu dijamin tidak akan bosan meski datang untuk makan siang di sini setiap hari.

Pilihan makanan yang ada pun sangat beragam, mulai dari sate, nasi lemak, nasi goreng, hingga Tom Yum. Semua menu yang menggunakan elemen daging diisi dengan daging sintetis yang terbuat dari kedelai yang memiliki rasa sangat mirip dengan daging asli. Menarik, kan?

Jika kamu mampir ke sini, jangan lupa untuk mencicipi salah satu menu unggulan dari resto vegan ini yaitu Fancy Nut Satay yang menggunakan campuran berbagai jamur sebagai pengganti jamur. Meskipun dibuat dari jamur, rasa dagingnya sangat mirip dengan daging asli dan dijamin akan tetap nikmat untuk dinikmati bahkan oleh kamu yang bukan seorang vegetarian. Jika kamu tidak ingin menunggu terlalu lama, kamu juga bisa mencoba menu prasmanan yang tersedia dengan harga sangat terjangkau, yaitu mulai dari Rp 5.000 – Rp 15.000, tergantung lauk yang kamu pilih. Resto ini buka tiap hari dari jam 9 pagi hingga 9 malam.

Lokasinya ada di sini.

Baca juga artikel kami tentang ‘kedai es krim legendaris di Indonesia’ di sini.

Bumi Langit Institute

Bergeser sedikit ke pinggiran Kota Jogja, tepatnya di Jl Imogiri-Mangunan km 3, ada salah satu resto sehat yang bisa menjadi alternatif kamu untuk menikmati menu makanan yang nikmat namun tetap sehat. Bumi Langit Resto sendiri sebenarnya adalah bagian dari Bumi Langit Institute yang merupakan komunitas yang menjadi wadah bagi masyarakat untuk belajar melalui berbagai kursus. Lokasinya sendiri berada di tanah terbuka seluas 3 Ha yang terdiri atas peternakan, perkebunan, resto dan penginapan yang menjadi satu di bawah pengelolaan Yayasan Wakaf Bumi Langit.

Salah satu hal yang paling menarik dari resto sehat ini adalah lokasinya yang sangat asri. Resto ini didesain layaknya rumah sendiri dan dijamin akan membuat kamu merasa sedang makan di rumah nenekmu di desa. Arsitektur bangunannya sangat sederhana dengan nuansa Jawa yang kental, mengingatkan kita pada rumah Joglo tradisional yang banyak ada di daerah Imogiri. Dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, kamu dijamin akan betah berlama-lama di sini.

Menu yang disediakan pun sangat beragam. Berbagai menu mulai dari nasi goreng, mi goreng, nasi campur, kefir hingga roti bakar tersedia di sini. Baik sekedar ngemil atau ingin makan besar, semua tersedia di sini.

Satu hal yang membedakan resto sehat ini dengan lainnya adalah bahwa Bumi Langit Resto memiliki perkebunan dan peternakan sendiri, sehingga semua bahan makanan yang diolah dijamin sehat dan organik.

Untuk masalah harga, memang bisa dibilang lumayan lebih mahal daripada resto lain pada umumnya. Namun kesegaran bahan makanan yang terjamin tentunya menjadi alasan mengapa harga makanan di sini memang sedikit lebih mahal. Harga makanan sendiri dibanderol mulai dari Rp 12.000 hingga Rp 30.000.

Lokasinya ada di sini.

Baca juga artikel kami tentang ‘inspirasi oleh-oleh unik dari Jogja’ di sini.

Kebun Roti x Cono Gelateria

A post shared by Kebun Roti (@kebunroti) on

Nah, jika kamu suka kue dan roti namun ingin tetap sehat, Kebun Roti bisa menjadi pilihan, lho. Kebun Roti sendiri adalah bakery yang memproduksi berbagai produk roti sehat. Dulunya, Kebun Roti hanya dijual pada event-event tertentu dan belum memiliki kedai tetap tersendiri. Baru pada akhir 2016, Kebun Roti berbagi kedai dengan Cono Gelateria yang sama-sama ingin menyediakan pilihan kuliner yang sehat bagi masyarakat.

Lokasi kedainya sendiri terbilang cukup dekat dengan area kampus UGM dan UNY, tepatnya di Jl Bougenville No 11B, Caturtunggal, Sleman. Jika Kebun Roti menyediakan pilihan kue yang sehat, Cono Gelateria menyediakan pilihan dessert gelato yang dijamin sehat namun tetap lezat.

Beberapa produknya bahkan masuk dalam kategori vegan yang tidak memakai produk hewani sama sekali dalam proses pembuatannya. Terbayang kan uniknya gelato sehat tanpa produk hewani sama sekali?

Interiornya yang unik pun dijamin akan membuat kita betah berlama-lama untuk sekedar nongkrong ataupun menikmati sajian kuliner sehat di cafe satu ini.

Menu andalan dari tempat ini bisa dibilang cukup beragam. Kebun Roti sendiri adalah bakery yang cukup inovativ dalam amsalah produk dan sering menciptakan varian produk baru. Salah satu andalan dari toko roti satu ini adalah breadpie vegan yang dihiasi dengan berbagai buah sesuai musimnya. Untuk Cono Gelateria, salah satu yang wajib kamu coba adalah flower gelato yang berbentuk bunga cantik. Varian rasa gelatonya sendiri sangat beragam dan selalu berganti setiap harinya. Cafe ini buka setiap hari mulai pukul 1 siang hingga 10 malam.

Lokasinya ada di sini.

Nah, ternyata ada banyak juga ya pilihan tempat makan sehat di Jogja? Jika kamu ingin memulai hidup sehat dan ingin mengurangi makan makanan siap saji, restoran-restoran di atas bisa menjadi pilihan. Gaya hidup sehat memang bisa dimulai dari mana saja. Selain dengan rutin berolahraga, asupan makanan juga harus dijaga agar kamu selalu sehat. Jadi, tunggu apalagi? Yuk coba restoran-restoran di atas.

  • 9
  • 1433
  • 1

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.