5 Tips Belanja di Malioboro agar Selalu Untung

tips belanja di malioboro

tips belanja di malioboro

Berwisata ke Kota Jogja memang belum lengkap jika belum berkunjung ke Malioboro. Pusat belanja oleh-oleh ini terkenal sebagai salah satu destinasi utama bagi para wisatawan. Namun demikian, tidak semua orang bisa mendapatkan harga murah ketika berbelanja di sini. Liburan dengan budget pas-pasan atau tidak, tentunya kamu tidak ingin rugi ketika berbelanja di Malioboro. Siapa yang senang kalau kamu membeli kaos seharga Rp 50.000 di Malioboro, tapi sebulan kemudian temanmu memamerkan kaos yang sama persis yang ia beli hanya dengan harga Rp 15.000? Jika hal ini sering terjadi kepada kamu, coba simak beberapa tips belanja di Malioboro dari Caption di bawah ini :

1. Berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa, minimal untuk menawar

Tunjukkan jika kamu adalah orang lokal dengan berbicara dengan Bahasa Jawa. Meskipun kadang terasa aneh, tetaplah merasa percaya diri. Jika kamu benar-benar merasa tidak bisa berdialog dengan Bahasa Jawa, berpura-puralah menjadi seseorang yang sudah tinggal lama di Jogja.

Salah satu tips belanja di Malioboro yang sudah banyak dikenal adalah untuk menggunakan bahasa Jawa. Meskipun simpel, hal ini seringkali membuat para pedagang mau untuk menurunkan harga dan memberi diskon. Ucapan-ucapan sederhana seperti “Niki pinten, Bu?” (“Ini berapa, Bu?”) atau “Saged kirang mboten?” (Bisa kurang atau tidak?”) bisa coba kamu praktekkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

2. Bersikap ramah

Mungkin ini bisa dibilang sebagai salah satu tips belanja di Malioboro yang sering dilupakan oleh para pelancong. Kadang banyak wisatawan lupa untuk bersikap ramah. Padahal dengan bersikap ramah, para penjual menjadi senang dan ada kemungkinan mereka menurunkan harga untukmu. Sebelum menawar, tersenyumlah dan ucapkan salam. Lalu setelah selesai, walaupun kamu pada akhirnya tidak membeli, tetap ucapkan terima kasih. It could lighten up someone’s day!

3. Berdandan sederhana

Penjual tentunya menilai pembeli dari gayanya. Jika kamu berdandan lebay seperti artis, sudah sewajarnya jika penjual meninggikan harga karena mereka melihat kamu sebagai orang kaya. Tampilan sederhana tentunya akan jauh lebih nyaman jika dikenakan di Malioboro yang biasanya panas dan penuh dengan orang. Ditambah lagi, penampilan santai dan wajar juga bisa menghindari copet.

4. Memakai baju universitas yang ada di Jogja

Ini bisa jadi adalah salah ide unik dari semua tips belanja di Malioboro yang pernah ada. Tidak bisa berbahasa jawa dan penampilanmu dari sananya sudah terlanjur keren? Cobalah memakai kaus yang bertuliskan nama universitas di Jogja. Memang belum tentu 100% berhasil, tetapi kemungkinan besar penjual akan menurunkan harga karena kasihan dengan mahasiswa.

5. Berlagak tidak butuh

Walaupun kamu sangat tertarik dengan satu barang, jangan perlihatkan kalau kamu sangat suka. Apalagi jika kamu sampai berkata jika kamu butuh barang tersebut. Hal ini akan penjual tersebut meninggikan harga karena merasa dibutuhkan. Semakin kamu terlihat desperate, semakin penjual akan meninggikan harga.

Jika harga yang ditawarkan penjual masih belum sesuai untuk kamu, jangan terpaku dengan satu penjual. Jangan ragu untuk berpindah ke penjual sebelah atau di tempat lain. Kamu tidak perlu takut untuk kehilangan barang tersebut karena barang yang dijual di Malioboro cukup identik satu sama lain.

Itu beberapa tips dari kami dalam menawar di Malioboro. Tips di atas bisa digunakan di mana saja karena teknik menawar dimanapun pada dasarnya sama saja. Apa kamu memiliki tips lain yang bisa kami coba?

YOU MIGHT ALSO LIKE

2 Comments

  • hwindaa

    Nomor 3 iyess bgt tuh min! sekarang mau ke malioboro sama mau kepesta gak ada bedanya yaa, hahaha. ..

    October 12, 2016 - 7:44 pm Reply
  • 5 Tempat yang Cocok untuk Belanja Batik di Jogja | The Caption Blog

    […] Itulah 5 tempat yang bisa kamu tuju untuk berbelanja batik di Yogyakarta. Kamu mungkin bisa mampir ke salah satu tempat tersebut untuk membeli oleh-oleh liburanmu, atau sekedar menikmati suasana belanja yang ada. Selain itu, kalau kamu masih ragu-ragu buat belanja di Malioboro, kamu bisa cek beberapa tips dari Caption disini. […]

    October 17, 2016 - 2:21 pm Reply

Leave A Comment

Your email address will not be published.