4 Alasan Mengapa Pasar Malam Sekaten Selalu Dinantikan

pasar malam sekaten

Kamu sedang mencari event asik untuk kamu kunjungi di akhir tahun ini? Pasar malam Sekaten bisa jadi alternatif yang tepat.

Salah satu event tahunan yang selalu dinantikan di Jogja adalah Pasar Malam Sekaten. Pasar malam ini merupakan salah satu rangkaian perayaan Sekaten yang rutin diselenggarakan setiap tahun pada bulan Maulud (bulan ketiga pada kalender Jawa). Pada tahun ini, jadwal Sekaten Jogja 2016 adalah mulai dari 18 November hingga 11 Desember 2016 di Alun-Alun Utara Kota Yogyakarta.

Pasar malam Sekaten ini sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pasar malam tradisional pada umumnya. Di sini kamu bisa menemukan berbagai wahana dan atraksi unik dengan tiket masuk yang sangat terjangkau. Selain itu, ada berbagai kuliner unik yang bisa kamu cicipi di acara tahunan yang sangat dinantikan warga Jogja dan sekitarnya ini.

Jika kamu sedang berada di Jogja atau berencana berlibur pada tanggal tersebut, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mengunjungi salah satu event legendaris di Jogja ini. Selain kemeriahan perayaan Sekaten yang sarat dengan makna tradisi, pasar malam Sekaten juga selalu dinantikan karena berbagai panganan khasnya. Jika kamu penasaran dan ingin tahu lebih tentang pasar malam Sekaten,coba simak ulasan dari kami berikut ini.

Datang lebih awal supaya bisa lebih menikmati suasana Sekaten

 

A photo posted by Rizal Setyawan (@rizalsetya) on

Ada banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di pasar malam Sekaten. Mulai dari berbagai wahana permainan, pertunjukan hiburan, kuliner khas yang unik hingga obral baju bekas impor yang biasa dikenal dengan awul-awul.
Pasar malam Sekaten sendiri sebenarnya sudah mulai ramai sejak sore hari. Pasar malam ini baru akan sepi menjelang tengah malam. Ketika hari Sabtu atau hari libur, beberapa wahana bahkan bisa kamu nikmati hingga lewat tengah malam.

Untuk dapat menikmati seluruh hal yang ada di Sekaten tentunya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kamu tentunya tidak mau harus kecewa karena harus pulang tetapi belum menjelajahi atau mendapatkan hal yang kita cari di Sekaten. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya kamu datang ke Sekaten sedikit lebih awal. Kamu sebaiknya mengunjungi Sekaten sebelum jam 7 malam. Hal ini agar kamu punya waktu yang lebih banyak untuk menjelajahi setiap sudut Sekaten. Selain itu dengan datang lebih awal kamu bisa memilih tempat parkir untuk kendaraanmu.

Pasar malam yang semarak dengan hiburan dan wahana permainan

 

Salah satu daya tarik dari Sekaten adalah berbagai wahana permainan dan hiburan yang ada di pasar malam ini. Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan Sekaten dari ketinggian, kamu bisa naik Bianglala. Dari wahana kincir angin besar ini, kamu bisa menikmati pemandangan Sekaten yang berhias dengan kerlap-kerlip lampu. Jika kamu sedang beruntung, beberapa Bianglala terkadang juga dipacu dengan kecepatan tinggi sehingga tentunya akan memicu adrenalinmu pula.

Selain bianglala, kamu juga bisa untuk mencoba naik kora-kora dan ombak banyu. Kamu tentu sudah familiar dengan kora-kora, wahana permainan ini akan memberimu sensasi adrenalin ketika kamu diayun naik dan turun. Sementara itu, Ombak banyu adalah wahana permainanan yang menawarkan sensasi adrenalin bagai diterjang ombak di lautan. Selain itu juga terdapat wahana permainan dan hiburan lainnya seperti bom-bom car, rumah hantu, serta atraksi tong setan.

Menikmati ragam kuliner khas Sekaten

martabak-sekaten-

Foto oleh: Clarita Pinky Diorisa

Selain menikmati berbagai wahana di atas, pasar malam Sekaten juga adalah tempat yang tepat untuk mencicipi berbagai macam olahan kuliner unik. Untuk kamu sudah sering berkunjung ke Kota Jogja, kuliner khas Jogja seperti gudeg tentu sudah akrab dengan lidahmu. Sebagai gudang dari kuliner murah ala mahasiswa, makanan murah seperti angkringan tentu juga sudah menjadi hal yang biasa. Jika kamu ingin mencari kuliner yang unik, cobalah datang ke pasar malam ini karena ini adalah surganya pecinta kuliner.

Di area Sekaten kamu bisa menemukan aneka ragam kuliner unik yang ditawarkan oleh tiap-tiap penjual. Salah satu kuliner yang selalu ada di setiap penyelenggaraan Sekaten adalah aneka gorengan dan martabak. Kamu dapat menikmati macam macam gorengan mulai dari cakwe, donat, onde-onde, bolang-baling dan pisang molen. Untuk kamu yang butuh banyak energi ketika menjelajahi Sekaten, aneka gorengan tersebut bisa menjadi pengganjal perut yang nikmat. Selain itu, di Sekaten, kamu juga bisa menikmati kuliner lain seperti soto, bakso, mie ayam, bakso bakar, kerak telor, sosis bakar dan es pelangi. Rasanya tak lengkap jika pergi ke Sekaten tanpa mencicipi ragam kuliner yang di jual di sana.

Mencari harta karun layak pakai dengan harga murah

 

Meskipun terkenal dengan wisata belanja batik, di Kota Jogja kamu juga bisa mencari fashion items yang lain selain batik, lho. Kalau kamu suka mencari pakaian bermerek dengan harga murah serta memiliki kualitas yang baik, Sekaten adalah tempat yang tepat untuk berburu harta karun tersebut. Di area Pasar Malam Sekaten terdapat banyak stand yang menjual pakaian bekas layak pakai atau lebih dikenal sebagai ‘awul-awul‘. Di sini kamu akan bisa menemukan berbagai jenis pakaian bekas, mulai dari baju, celana, rok, jaket serta kemeja dengan harga yang sangat terjangkau. Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan pakaian bekas dengan kualitas yang baik dengan harga mulai dari Rp 5.000.

Untuk kamu yang ingin membeli awul-awul di Sekaten, ada beberapa trik agar kamu tetap nyaman selama berbelanja dan mendapatkan barang yang kamu inginkan. Pertama bagi kamu yang tidak nyaman dengan tempat berdebu, sebaiknya kamu memakai masker. Hal ini penting supaya kamu tetap nyaman ketika memilih pakaian di area awul-awul yang penuh dengan debu bertebaran. Sebaiknya kamu juga menggunakan pakaian yang nyaman dan santai ketika hendak berbelanja. Stand awul-awul yang panas bisa membuatmu kurang nyaman jika memakai pakaian yang tidak tepat. Selain itu, kamu juga perlu menentukan jenis pakaian yang kamu cari supaya kamu lebih fokus untuk mencari pakaian yang kamu inginkan di antara tumpukan pakaian yang dijual. Setelah kamu mendapatkan pakaian yang kamu inginkan, jangan lupa untuk meneliti kembali kualitasnya. Jika kamu sudah membeli pakaian yang kamu inginkan di awul-awul, jangan lupa untuk segera mencucinya agar bersih dari kuman dan aman untuk dipakai.

Pasar malam Sekaten menawarkan berbagai aktivitas serta hal-hal yang menarik untuk kamu temukan. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi pasar malam Sekaten, ada baiknya kamu catat jadwal Pasar Malam Perayaan Sekaten tahun 2016 yang masih akan berlangsung hingga tanggal 11 Desember 2016 nanti. Jangan sampai kamu kecewa karena melewatkan slaah satu event tahunan yang selalu ditunggu di Jogja ini.

 

YOU MIGHT ALSO LIKE

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.