3 Tips Jitu dalam Booking Hotel yang Perlu Kamu Tahu

incognito

Ketika merencanakan liburan, booking hotel tentu menjadi kegiatan yang tidak dapat dilewatkan. Akomodasi biasanya memakan sebagian besar porsi dari budget kamu, maka dari itu penting sekali untuk memilih akomodasi yang sesuai dengan budget kamu. Hostel maupun penginapan murah biasanya menjadi pilihan para traveler in budget. Entah kamu adalah mahasiswa yang sedang ingin liburan hemat atau kamu sekedar ingin menekan pengeluaran saat liburanmu, mendapatkan penginapan tentu menjadi dambaan dari setiap traveler.

Memilih penginapan memang bukan hal mudah.

Langkah standar yang biasanya kamu lakukan adalah segera membuka beberapa website travel online sekaligus dan melakukan survey terhadap harga yang paling murah. Betul, kan? Beruntung banget kalau kamu bisa menemukan hotel yang sedang melakukan promosi dengan harga yang miring. Sayangnya, hal ini agak impossible kalau kamu merencanakan liburan di peak season.

Jadi, apa yang seharusnya kamu lakukan jika kamu sedang merencanakan liburan untuk long weekend dan kamu bingung untuk memilih hotel? Berikut beberapa tips untuk booking hotel dari Caption:

 

1. Daripada OTA, coba meta search

meta search untuk booking hotel

Berbeda dengan website travel online (-atau biasa disebut sebagai OTA-online travel agent) yang hanya menampilkan hotel-hotel yang bekerjasama dengan mereka, website dengan fitur meta search bakal menampilkan semua hotel yang cocok dengan keyword yang kamu masukan. Hal ini tentu akan lebih memudahkan kamu untuk booking hotel dan mendapatkan harga termurah.

Website-website dengan fitur meta search seperti Trivago, Hotels Combined dan Kayak bisa menjadi pilihan yang tepat karena hasil pencarian yang didapat akan lebih relevan dengan kriteria yang kamu inginkan. Dengan menggunakan meta-search engine, kamu bisa langsung membandingkan harga yang ada di banyak website OTA, atau bahkan dari website hotel-hotel itu sendiri. Jadi kamu bisa menghemat waktu untuk menyeleksi hotel mana saja yang bakal kamu booking. 

 

2. Cek review di TripAdvisor

tripadvisor hotel review

Hal lain yang bisa kamu lakukan saat booking hotel adalah untuk mengecek review mereka di site review. Setelah menemukan hotel pilihanmu, coba cek review mereka di TripAdvisor atau forum travel. Nggak ada salahnya untuk melakukan cek dan ricek tentang hotel tersebut. Dengan membaca review dari tamu yang sudah pernah menginap disana, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang kondisi hotel tersebut. Setelah kamu menginap di hotel itu, jangan lupa untuk turut membagikan pengalamanmu. Review seperti ini sangat membantu bagi para traveller lho!

 

3. Clear cache & incognito

incognito

Oke, setelah diseleksi dan dilihat reviewnya, inilah saatnya bagi kamu untuk booking hotel yang kamu pilih. Satu hal yang pasti sebelum melakukan proses booking, sebaiknya kamu gunakan incognito atau private session di browser kamu. Pilihan ini biasanya ada di bagian setting dari browser yang kamu pakai. Dalam beberapa kasus, ada beberapa situs booking yang menggunakan cache untuk melihat seberapa sering kamu menggunakan suatu keyword dalam kegiatan pencarian dan menggunakan data tersebut untuk mengubah harga. Hal ini tentu merugikan, terutama bagi para budget traveler yang ingin mendapatkan harga termurah. Yah walaupun masih belum terbukti, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga,kan?

Itulah beberapa tips sederhana dari Caption agar perencanaan liburanmu lebih efektif. Apakah kamu punya tips lain yang patut di perhitungkan atau sudah terbukti efektif? Coba berbagi dengan Caption di kolom kementar!

1 Comment

Leave A Comment

Your email address will not be published.